FikryFatullah.com

Doyan Download?

Leave a Comment
Nah ini spesial buat genuine heavy class downloader. Mungkin semua setuju kalo yang paling kita benci dari mendownload adalah Menunggu. Namun kebanyakan orang siap menerima konsekwensi menunggu download-an nya selesai demi mengharapkan file yang di download-nya. Buat saya pribadi hal yang paling menjengkelkan adalah memulai atau lebih tepatnya MENUNGGU untuk MEMULAI download-nya jalan. Kalo nungguin download yang udah jalan ya wajar, apalagi sekarang banyak software download accelerator kaya flashgot atau download accelerator plus yang katanya bisa bikin download-an kita makin cepat. Nah masalahnya kalo nungguin file-nya sebelum di download gimana? kalo dipantengin bosen, kalo ga dipantengin ntar kelewatan, kalo kelamaan mesti ngulang dari awal lagi countdown-nya. Nyebelin? pasti..
Seperti yang kita tahu sebagian besar situs file sharing kaya 4shared, Rapidshare, dll. menghaurskan kita untuk menunggu sekian detik sebelum downloadnya bisa kita mulai. Beberapa orang mungkin bilang: “Halah nunggu sekian detik aja kok Fik..” Masalahnya kalo kita akan mendownload banyak file melalui sebuah situs file sharing yang sama, maka untuk mendownload file ke-2 dan seterusnya setelah file pertama selesai, situs tersebut mengharuskan kita menunggu lebih lama lagi. Kaya’ Hotfile & depositfile bahkan sampe 30 menit, Setengah jam? wew… bisa-bisa kita lupa kalo mau download.
Nah berikut ini ada 2 aplikasi yang saya gunakan untuk memudah kan hidup pe-downloader seperti saya, dan mungkin anda juga.

1. Skipscreen
Skipscreen adalah plug-in untuk browser Mozilla Firefox yang cara kerjanya cukup simple, tinggal install saja (cara menginstalnya pun seperti meng-install plug-in lain) dan Skipscreen akan secara otomatis menghitung mundur dan langsung menawarkan anda file-nya akan disimpan dimana. Aplikasi ini sudah saya gunakan lebih dari 2 tahun belakangan, update-nya rutin banget jadi tidak akan ketinggalan jika anda meng-update ke versi Firefox terbaru. Aplikasi ini juga mendapatkan 5 star rating dan paling di rekomendasikan oleh mozilla.org. Dengan ini sambil menunggu download-an anda jalan anda tetap dapat browsing menggunakan tab berbeda di Firefox, jika file-nya sudah akan di download akan langsung muncul window yang menawarkan anda untuk menyimpan file yang anda download. Ini video perbadingannya jika anda men-download dengan dan tanpa menggunakan Skipscreen.





Skipscreen bekerja di situs-situs berikut:
  • Rapidshare (Rapidshare yang baru katanya beda, anda coba saja.)
  • Megaupload (dapat secara otomatis mengisi kode captcha.)
  • Mediafire
  • Uploaded.to
  • zShare
  • Sharebee
  • DepositFiles
  • Sendspace
  • Divshare
  • Linkbucks
  • Link-protector
  • …dan banyak lagi.
Anda dapat mendownload Skipscreen langsung disini:

Overall aplikasi ini akan sangat bermanfaat jika anda hobby browsing sambil download. Namun walaupun aplikasi ini sangat membantu menghemat waktu, tetap terdapat kekurangan disana-sini seperti: tidak bisa me-resume download yang terputus, tidak bisa men-download banyak link, dll. kekurangan-kekurangan yang akan tertutupi dengan baik di aplikasi selanjutnya. Untuk keterangan yang lebih detail mengenai Skipscreen silahkan anda mengunjungi www.skipscreen.com. Seperti jargon mereka: “Man… iskp that isht” hehehe…

2. MiPony
MiPony adalah auto-downloader untuk anda yang memang sama sekali tidak mau menunggu untuk men-download. Dengan aplikasi ini anda tinggal copy-paste saja semua link yang akan anda download dan sisanya serahkan saja ke MiPony. Aplikasi ini akan langsung memeriksa apakah link yang anda berikan masih berfungsi atau tidak (file-nya sudah kadaluarsa atau belum), jika link-nya masih ok, Mipony akan mengisi kode captcha, menunggu, dan langsung men-download file-nya ke lokasi yang anda tentukan di hard disc anda. Anda dapat menentukan berapa file yang dapat di download secara simultan, dan jika ada jeda di tiap download MiPony akan memperlihatkan hitungan mundurnya sehingga anda tahu berapa lama lagi download selanjutnya akan dimulai.


Peletakan & pemeriksaan link

Menurut saya fitur yang paling bermanfaat dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mematikan komputer jika semua tugas download-nya telah selesai, dengan demikian jika anda akan berpergian atau tidur (karena download malem itu biasanya lebih cepat) anda dapat meninggalkan komputer anda yang sedang men-download.


Mipony sedang men-download





Kemampuan spesial MiPony lainnya adalah kemampuan untuk me-resume atau melanjutkan download yang terputus apapun sebabnya, walaupun anda tidak memiliki account dari file sharing tersebut. Namun sejauh yang saya gunakan fitur ini hanya bekerja untuk Megaupload & Depositfile.
MiPony dapat bekerja pada hampir semua situs file sharing dan cukup rutin melakuan update pendefinisian database-nya.
Anda dapat men-download MiPony disini:

Untuk keterangan lebih lanjut anda juga dapat langsung ke website-nya di:
www.mipony.net/en/

Sebenarnya ada satu aplikasi lagi yakni RDesc (www.rdesc.com), namun saya lebih suka menggunakan MiPony karena kemampuan me-resume nya lebih baik.
Nah, untuk anda yang doyan mendownload file-file bajakan gratisan, aplikas-aplikasi diatas akan sangat membantu anda.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar