FikryFatullah.com

Status Freak?

Leave a Comment

Akuilah… anda senang saat seseorang banyak membaca status atau tweet anda saat ini. Banyaknya comment atau memberikan “Like” ke status anda di Facebook dan me-retweet atau me-reply tweet anda di Twitter adalah sesuatu yang sepertinya menjadi gengsi tersendiri saat ini. Beberapa orang menganggap ini begitu serius sampai seperti belomba-lomba mendapatkan respon terbanyak dari setiap status atau tweet-nya. Berbagai trik dilakukan, mengupdate status sesering mungkin, men-tweet sesuatu yang menjadi trending topics, me-mention account orang terkenal terkenal, dan banyak lagi cara lainnya.

Tahukah anda? orang yang pertama sekali mencetuskan ide tentang berbagi status online adalah Jack Dorsey: pencetus, cofounder dan chairman dari Twitter. Status yang dimaksudnya bukan status sosial atau jumlah aset anda, melainkan: dimana anda saat ini dan anda sedang apa.

 Jack Dorsey

Ini adalah gambar sketsa awal yang menjadi cikal bakal Twitter (awalnya bernama: stat.us). Klik pada gambar untuk melihat lebih jelas dan membaca komentar Jack Dorsey tentang gambar bersejarah ini.

Twitter sketch

Jika anda ingin mengetahui keseharian billionaire muda ini silahkan follow saja Jack Dorsery di twitter.com/jack

Salah satu cara paling mudah, aman, dan paling populer untuk mendapatkan atensi terbanyak adalah meng-update status atau men-tweet saat situs Facebook atau Twitter sedang banyak-banyaknya di akses penggunanya. Namun pertanyaannya, kapan? jam berapa biasanya teman-teman atau follower anda biasanya membuka account Facebook atau Twitter-nya setiap hari?

Gunakan Aplikasi

Untuk Twitter ada beberapa aplikasi berbasis web untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk nge-tweet, namun yang cukup populer adalah whentotweet.com. Anda tinggal mengetik account anda di kolom yang tersedia disebelah simbol @ (misalnya: fikryfatullah). Tunggu sebentar (atau rada lama jika follower anda banyak)nantinya akan keluar grafik dan saran sebaiknya anda nge-tweet jam berapa setiap hari. Ini contoh dari account twitter shoutmeloud.com:

whentotweet

Whentotweet.com akan mengolah data dari 500 tweet yang dilakukan oleh follower and sebelumnya dan merekomendasikan jam berapa setiap hari anda men-tweet agar banyak dari follower anda yang melihatnya.

Seseorang Sudah Memikirkannya Sejak Lama

Adalah Dan Zarrella (danzarrella.com), seorang analis sosial media yang telah meneliti hampir 100 juta retweet dan keluar dengan data-data mengenai Twitter sebagai berikut:

Perkiraan waktu terbaik untuk nge-tweet dalam sehari:

twitter time of day

 Perkiraan hari terbaik untuk nge-tweet dalam seminggu:

twitter day of week

Dari data diatas dapat kita simpulkan kalau waktu terbaik untuk nge-tweet agar orang dapat dengan optimal me-retweet-nya adalah hari Jum’at jam 4 sore.

Untuk share Status Facebook, datanya sebagai berikut:

Perkiraan waktu terbaik untuk share status dalam sehari:

facebook hour

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perkiraan hari terbaik untuk share status dalam seminggu:

facebook week

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa waktu terbaik untuk share atau update status di Fcebook adalah hari Sabtu jam 9 pagi. What??

Anda bisa menemukan statistik dan fakta-fakta menarik lain soal sosial media di situs Dan Zarrella: www.danzarrella.com

Data-data diatas sedikit berlebihan? well.. mungkin tidak. Jika anda musisi, anda pasti ingin sebanyak mungkin teman anda mendengar karya anda atau melihat video anda di facebook saat anda share. Jika anda pebisnis, anda ingin brand dari produk anda di lihat sebanyak mungkin saat anda sebutkan dalam tweet anda. Event Organizer dapat secara optimal mengumumkan event-event yang akan berlangsung. Bermanfaat bukan?

Ya.. walaupun anda tetap bisa menggunakan data-data diatas sebagai pedoman kapan anda harus meng-upload foto anda yang di foto sendiri dari sudut kanan atas.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar