FikryFatullah.com

Memperkenalkan ForumWaralaba.com

Leave a Comment

Indonesia membutuhkan 4.5 juta entrepreneur baru!

Iklan seminar disebuah majalah waralaba itu sangat mengganggu saya. Well.. kita tahu di Indonesia PNS begitu dielu-elukan yang dapat menjadi indikasi kurangnya mental wirausaha di negri ini, namun 4.5 juta? Sekurang itu ya?

Robert Kiyosaki pernah menyatakan bahwa entrepreneur itu tidak untuk semua orang. Proses yang amat berliku dengan kemungkinan gagal yang selalu membayangi setiap jalan yang dilalui membuat sedikit orang mau meninggalkan zona nyaman mereka untuk menjadi pengusaha. Keuntungan yang didapat juga tidak langsung terlihat. Belum lagi semakin banyak juga yang termakan iming-iming “cepat kaya” atau “sambil kerja bisa dapat penghasilan milyaran” lalu akhirnya mengalami kerugian karena ditipu atau system bisnis yang belum baik. Semua itu membuat wirausaha menjadi momok yang harus dijauhi. Telah menjadi hal yang biasa juga kalau orang tua melarang anak-anaknya untuk mulai berwirausaha, karena gengsi? status sosial? entahlah.

Di sisi lain terdapat juga orang-orang yang ingin sekali berwirausaha namun sulit sekali untuk memulai karena keterbatasan dana, tidak tahu dasar hukum, tidak punya sistem dll. Mereka adalah orang-orang yang sudah memiliki mindset dan niat untuk berwirausaha namun tidak tahu dimana harus memulai.

Memperkenalkan Forum Waralaba (www.forumwaralaba.com)

Awal minggu lalu saya meluncurkan sebuah forum online yang khusus untuk membahas bisnis dengan sistem waralaba/ franchise, www.forumwaralaba.com. Disini Anda dapat membahas apa saja soal waralaba. Untuk Franchisor (pewaralaba), forumwaralaba.com dapat digunakan untuk membahas mengenai brand, produk, menawarkan sistemnya atau apapun yang berkaitan dengan usaha waralabanya. Franchisee (terwaralaba) dapat menceritakan semua hal mengenai usaha yang dibeli haknya atau jika ingin menjual (take-over) hak usahanya. Sedangkan untuk yang sama sekali awam soal bisnis waralaba dapat menanyakannya disini.

forumwaralaba.com

Kenapa Waralaba?

Simple! dengan bisnis berbasis waralaba/ franchise Anda tidak perlu memulai dari nol. Sediakan uang, cari brand waralaba yang Anda mau, tambah air ..dan BAMM!! Anda seorang Wirausahawan/ wirausahawati.

Walaupun kenyataannya tidak sesederhana itu, tetap Anda tidak akan sangat terbantu sekali dalam system usaha, produk, pemasaran, dll. karena semua telah ada SOP-nya. Lagi Robert Kiyosaki juga pernah menyatakan yang sulit sekali dalam memulai bisnis itu adalah membangun system-nya. Kalau system nya sudah dibuat oleh orang lain Anda tinggal belajar menjalankannya.

Ide Dasar ForumWaralaba.com

Apapun yang kita lakukan, kita tidak dapat lepas dari internet, terutama social media (socmed). Jangan salah socmed bukan hanya Facebook dan Twitter. Blog, milis, youtube, dan forum online telah menjadi wadah sosial melalui media internet jauh sebelum era Facebook. Memberi komentar di blog orang lain, me-respon video di youtube, berbagi link, kopdar setelah ngobrol di forum online, dan kegiatan-kegiatan sejenis telah membuat internet menjadi wadah sosial raksasa. Sesuai dengan tujuan Sir Tim Berners-Lee, sang penemu World Wide Web, bahwa internet di design lebih untuk memberikan efek sosial, untuk membantu semua orang bekerja sama, bukan sebagai mainan teknis.

Waralaba juga erat dengan hubungan sosial. Sebuah bisnis dikatakan memiliki system waralaba jika memiliki paling tidak dua pelaku utama: Franchisor dan Franchisee. Dua pihak yang harus saling bersinergi agar usaha waralaba nya menjadi optimal. Dengan begitu jelas bahwa hubungan sosial memiliki peranan yang besar dalam bisnis berbasis waralaba.

Untuk Franchisor, forum online berarti dapat menyebarkan ide tentang usahanya. Dan kenapa menyebarkan ide itu penting? Untuk menjawabnya saya persembahkan kepada Anda: Seth Godin!

Tujuan Forumwaralaba.com

Saya mengharapkan dengan adanya forumwaralaba.com angka 4.5 Juta diatas bisa habis, paling tidak berkurang. Kita cendrung takut untuk memulai apa yang tidak kita kuasai. Dengan menanyakan dan membahas mengenai waralaba secara terbuka melalui forum online, nantinya sedikit demi sedikit kita akan tahu lebih banyak mengenai waralaba. Dengan melihat metode, trik, dan kisah-kisah para pelaku waralaba mudah-mudahan akan menggelitik organ-organ tubuh kita (terutama hati) untuk bertindak.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar