FikryFatullah.com

Blogilicious Medan

Leave a Comment

blogilicious horas medan

Ajang Blogilicious akhirnya terdampar di Medan tanggal 28-29 Mei kemarin. Ditengah lesunya dunia per-blog-an di Indonesia (eh kata siapa?) event seperti ini tentunya seperti oase di tengah kegersangan dunia blog (terutama di Medan.)

Idblognetwork sebagai penggagas, menyelenggarakan acara ini 2 hari untuk setiap kota yang dilaluinya. Untuk Medan sendiri pembicaranya adalah Bang Jonru Ginting (@Jonru), Mas Donny BU (@Donnybu), Frenavit Putra (@frenavit), Leonita Julian (@leonisecret), dan beberapa pembicara lain. Mas Kukuh TW (@kukuhtw) dan Mbak Mubarika (@mubarika_d) tentu saja ada. Acara ini dipandu dengan apik sekali oleh Mbak Ajeng (@ajengkol). (Apalah guna Google kalau Anda masih menanyakan detail nama-nama diatas.)

Saat saya tiba di TKP pukul 09:00 pagi tepat dihari Sabtu (28 Mei), Mall Paladium yang menjadi lokasi acara masih gelgulgil alias gelap gulita gila. Saya langsung mengikuti dua orang pemuda yang sepertinya tahu harus kemana ditengah kegelapan ini. Ternyata benar, mereka membawa saya ke lift barang dibelakang dimana lift ini beroperasi 24 jam untuk kebutuhan logistik gedung. Walaupun panas dan sumpek (kan di design buat barang) saya bertahan di ruang sempit yang berisi beberapa orang security shift malam dan campuran aroma tubuh orang belum mandi ini menuju lantai 3 Mall Paladium.

Tada!! saya pun tiba di lantai 3. Samar-saar dari depan lift saya melihat keramaian dalam kegelapan, ternyata sekumpulan Blogger Medan telah duduk disana dan ngobrol ngalor ngidul di mejanya masing-masing. Wow, Saya lupa kapan terakhir kali saya melihat antusias seperti ini untuk sebuah event yang diadakan di Medan. Setelah bereng (lirik) sana sini  sayapun duduk dengan tenang.

Blogilicious horas medan

Setelah resmi menunggu selama satu setengah jam, bang Nich pun naik panggung untuk memulai acara. Oswald yang duduk bersebelahan dengan saya memperkenalkan beberapa wajah yang saya masih asing karena saya memang relatif baru di dalam komunitas blogger. “Itu mbak Ajeng bang” katanya sambil menunjuk seorang wanita yang didaulat untuk menjadi moderator.

Tidak lama kemudian Bang Jonru pun naik dan mempresentasikan materinya. Tips-tips blogging pun meluncur bergantian di slide presentasinya, Ia membungkus semua materi sesuai pengalaman yang Ia lalui sebagai blogger bertahun-tahun. Menarik.

Namun saya baru benar-benar “in” ke acara ini setelah mas Donny Bu naik ke pentas dan menjelaskan etika ngeblog. Saya benar-benar tidak percaya materi yang sempat saya anggap paling tidak penting ini berubah memaku mata dan pikiran saya. Setiap slide yang bergeser bersamaan dengan presentasinya adalah dunia baru untuk saya sebagai blogger. Mas Donny Bu kebetulan adalah produser yang menggarap film dokumenter social media pertama di Indonesia “@linimas(s)a” Ia juga aktif di beberapa lembaga-lembaga masyarakat yang bergerak dibidang new media, googling saja.

blogilicious horas medan

Setelah itu masuk sesi tanya jawab, tentunya saya langsung bertanya, dan Alhamdulillah bang Jonru dan mas Donny Bu memberi saya oleh-oleh atas pertanyaan saya. Sebuah buku terbaru bang Jonru: “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat” dan DVD @linimas(s)a dari mas Donny Bu. Alhamdulillah, makasih ya abang-abang, saya bisa mungkin bisa membalas kebaikan abang-abang, tapi kan lebih baik kalau tuhan yang balas, hehe.

Blogilicious horas medan

Setelah perwakilan blogger Asean, mas Steven dari Berniaga.com memulai presentasinya. banyak hal-hal baru yang menarik di berniaga .com sehingga tidak akan saya jabarkan disini. Kunjungi saja berniaga.com lagi ada kompetisi berhadiah Macbook gratis lho.

Setelah presentasi mengenai blog-monitizing dari mbak Mubarika Damayanti, Leonita Julian (leonisecret.com) menutup hari pertama blogilicious dengan sexy melalui presentasinya mengenai social media dan bagaimana Ia memanfaatkan blog untuk mengejar mimpinya. Sayang karena ada sedikit keperluan saya harus bergegas segera setelah mbak Leoni menyelesaikan presentasinya. Hari pertama pun berakhir.

blogilicious horas medan

Hari kedua. Saya kembali gelap-gelapan di Palladium bersama beberapa blogger yang sudah tiba duluan. Bahkan ada blogger yang tiba di Palladium jam 08:15 pagi!! padahal acara mulai jam 10:00 wow. Kalau kemarin saya sebagai peserta seminar, hari kedua ini Idblognetwork mendaulat saya sebagai pembicara pembuka Blogillicious Horas Medan.

Materi yang saya sampaikan adalah Blogpreneur, cukup berat mengingat diantara pembicara lain terdapat entrepreneur-entrepreneur yang telah sukses terlebih dahulu dengan memanfaatkan blog. Disisi lain ini adalah kesempatan pertama saya mengisi seminar bertema blog atau entrepreneurship, biasanya kan klinik musik, duh.

Blogilicious horas medan

Namun Alhamdulillah peserta menyambut dengan antusiasme yang luar biasa. Bang Mulyadi (@adieska) dengan sabar membantu saya menggeser setiap slide sesuai dengan presentasi saya. Dukungan dari Twitter selama saya presentasi pun luar biasa. Bahkan bang Ananta Bangun (@anantabangun) mem-broadcast materi presentasi saya secara live melalui Twitter. Dukungan juga datang dari sesama pengisi acara yang sudah malang melintang di dunia blog seperti mas Frenavit dan mbak Ajeng. Wah bahagia sekali rasanya.

blogilicious horas medan

Selesai presentasi mbak Ajeng langsung membuka sesi tanya-jawab. Pertanyaan pun datang kebanyakan seputar entrepreneurship. Setelah selesai sesi tanya-jawab saya mengadakan kompetisi creativepreneur kecil-kecilan yang berhadiah Burger Gaboh. Namun ditengah jalan bang Ichsan dari Burger nasi Indonesia menambah hadiahnya dengan makan gratis untuk semua peserta Blogilicious Medan, wow.

blogilicious horas medan

Setelah saya giiran bang Putra (@poetra) yang mempresentasikan masalah themes dan Helda (@helda) yang mempresentasikan mengenai SEO dengan apik sekali.

Dan acara ini ditutup dengan presentasi mengenai Security dari mas Frenavit putra. Presentasi ini begitu gamblang dan menunjukkan celah-celah keamanan apa saja yang kemungkinan ada di blog atau website kita dan bagaimana mencegahnya. Acara lalu ditutup dengan foto-foto bersama.

Alhamdulillah keseluruhan acara berjalan lancar. Saya banyak sekali belajar dan bertemu dengan teman-teman baru.

Blogilicious horas medan

Event seperti ini menunjukkan hausnya masyarakat (terutama di Medan) mengenai blog. Selentingan yang mengatakan bahwa blog telah mati atau blog telah tergantikan oleh social media jelas tidak terbukti disini. Semua pihak yang pernah mengadakan event di Medan pasti setuju dengan saya, sulit sekali membuat orang Medan duduk menunggu acara dari pagi dan tidak bubar di tengah acara, percayalah. Apalagi jika event-nya “berat” seperti ini. Namun Idblognetwork dan tim panitia lokal berhasil membuktikan ternyata saya salah.

Idblognetwork melalui event Blogilicious seperti ini ingin membuktikan bahwa blogger professional adalah profesi baru yang bisa menjadi pilihan kita di Indonesia. Tarif premium per artikel, system seleksi blog dan pay-out yang professional, serta komunitas yang kuat membuat Idblognetwork seperti menjadi jawaban kegersangan dunia blogging Indonesia belakangan ini. Seperti kata Mas Kukuh TW: “Kalian (blogger) itu tidak tahu kalau kalian itu dibutuhkan.” Selamat deh buat yang sudah memilih blogger professional sebagai profesinya, yang belum? nunggu apa lagi?

“It's not that I'm so smart, it's just that I stay with problems longer.” – Albert Einstein

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar