FikryFatullah.com

OK, So You Can Tag A Brand On Facebook – Now What??

Leave a Comment

Tanggal 11 Maret kemarin Facebook secara resmi melakukan perubahan minor pada fitur photo tag-nya. Kini Anda dapat men-tag Facebook Pages ke dalam foto-foto Anda. Oh Really?? Lets’s give it a try. Jadinya seperti ini:

pepsi facebook

 

Seperti yang Anda lihat diatas, saat kita mengarahkan mouse akan muncul tulisan penanda tag seperti biasa, namun tag diatas jika Anda klik, Anda akan terbawa ke Facebook page resmi dari Pepsi:

 

pepsi facebook 2

 

Jadi kini brand, musisi, aktor, atau apapun yang memiliki Facebook Pages akan dapat muncul di foto semua user. Sekilas hal ini tidak akan memberikan perubahan berarti, namun dari sisi marketing, fitur ini bisa jadi senjata ampuh.

Jika kita lihat kembali, selama ini Facebook hanya memfasilitasi pengguna dengan fitur “Like” untuk mengekspresikan keterikatan pengguna dengan sebuah brand di Facebook. Setelah Anda meng-click tombol “Like” kegiatan itu akan muncul di stream Anda dan semua teman Anda dapat melihat.

Disisi lain jika kita lihat dari sisi pemilik brand, dari semua cara mempromosikan Facebook Pages (melalui stream, dengan meletakkannya di website kita, melalui friend sugestion,dan Facebook Ads) selama ini hanya Facebook Ads yang dapat menampilkan gambar yang berhubungan dengan brand. Sayangnya Facebook Ads ini tidak gratis. Sedangkan promosi-promosi yang sifatnya gratis biasanya hanya berbentuk text.

Kita tidak dapat lepas dari penggunaan brand dalam hidup kita, jika kita suka akan sebuah brand, mungkin kita akan menuliskannya di wall, namun siapa yang mau menulis kalau memperlihatkan fotonya jauh lebih menyenangkan??

 

Converse on Facebook

 

Ok, trus manfaatnya apa? Ya buanyak, yuk kita coba bahas beberapa diantaranya.

 

Picture tells, emotion sells.

Emosi. Kata yang akan banyak sekali Anda temukan di blog ini dan mungkin di semua buku atau literatur yang membahas pemasaran melalui media digital. Di era informasi yang begitu cepat sekarang ini, sebuah foto yang bagus saya yakin tetap akan menghentikan sejenak aktifitas browsing Anda. Sebuah foto akan sedikit membuka jendela kehidupan Anda sehari-hari dan akan menggelitik sisi keingintahuan semua orang yang perduli dengan Anda. So jika didalam momen berbalut lautan emosi itu terselip sebuah brand yang melengkapi cerita Anda, maka brand tersebut baru saja mendapat kursi terbaik untuk duduk di hati Anda. Foto Anda telah menjadi portal emosi untuk brand tersebut masuk dengan bebas ke dalam hati Anda dan nantinya mungkin mulai mempengaruhi tindakan Anda terhadap brand tersebut.

facebook sprite

Kelebihan lain adalah walaupun brand tersebut telah berubah menjadi produk turunan, emosi yang terikat dengan brand tersebut tentunya masih sama. Nah, jika ikatan emosinya begitu kuat, cinta itu akan membawa brand-nya kembali.

 

Welcome To Our Family.

Facebook Mini

 

Fitur lain yang juga sangat menarik adalah seluruh foto yang Anda tag akan masuk ke album foto yang terdapat di Facebook Page brand tersebut. Hal ini akan membuat Anda tergabung dalam komunitas pengguna brand tersebut secara otomatis. Pengguna lain akan dapat langsung berkomentar di foto Anda seperti biasa. Ini adalah salah satu cara yang baik sekali untuk berkenalan atau membangun network. Contohnya foto diatas saya tag dengan brand mobil “Mini.” Setelah tagging selesai, foto tersebut akan langsung masuk ke database foto Facebook Page resmi Mini bersama pengguna mobil Mini lain.

 

mini photo

 

Hebatnya, Facebook membiarkan kita men-tag fotonya dengan brand tanpa kita harus me-“like” foto tersebut. Hal ini membuatnya menjadi senjata “Permission Marketing” yang hebat, Seth Godin pasti bangga. Ini page resmi “Mini” yang sudah saya tag diatas namun belum saya “Like.”

mini page

 

What’s Next?

“Ok, salah satu sarana spamming lagi dari Facebook.” beberapa orang yang ngobrol sama saya soal ini langsung mengatakan hal itu. Facebook Page yang sekarang saja sudah menjadi wadah spam yang luar biasa, apalagi jika orang bisa mentag brand atau bisnis Anda di fotonya, pasti makin wah. Well, menurut saya ini tetap layak Anda coba. Karena inovasi butuh waktu dan tentunya: kesabaran.

Update: beberapa analis memprediksi Facebook akan membuat fitur ini menjadi fitur berbayar. Kita lihat saja kelanjutannya bagaimana.

Sumber lain:

Artikel dari Fast Company.

Artikel dari Mashable.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar