FikryFatullah.com

The First Two Notes

Leave a Comment

Jika Anda penggemar olahraga basket atau penggemar musik smooth-jazz ..atau keduanya, kemungkinan Anda pernah mendengar nama Wayman Tisdale. Jika Anda belum pernah mendengarnya, ia adalah pemain basket era Michael Jordan yang pernah bermain di: Indiana Pacers, Sacramento Kings dan Phoenix Suns. Sayang ia mengalami cedera lutut yang akhirnya memicu kanker. Ia Pensiun di 1997 dan mulai memasuki dunia musik sebagai pemain bass yang sudah melahirkan 7 album solo yang beraliran smooth jazz dan R ‘n B. Namun perjuangannya melawan kanker harus berakhir tragis, kaki kanannya di amputasi dan tidak lama setelahnya pada akhir 2009 ia pun meninggal.

Wayman Tisdale

Nah, jadi ceritanya dulu saat Wayman Tisdale sedang melewati tahap pendewasaannya dalam bermusik, bassist legendaris: Marcus Miller dan Stanley Clarke pernah berpesan kepadanya:

"They told me that within two notes [listeners] have to know who is playing.

And I try to let them know right away." 

Yang kalau kita terjemahkan kira-kira seperti ini: “Mereka mengatakan kepada saya bahwa dalam dua not para pendengar harus tahu siapa yang sedang main. Dan saya mencoba memberitahu mereka segera.”

Kemampuan ini sangat jarang di dunia musik, musisi yang sangat berkarakterlah yang bisa memberitahu kepada Anda siapa yang sedang main hanya dengan dua not pertama yang ia mainkan.

Jadi apa yang bisa kita pelajari dari sini?

Di era informasi yang serba cepat seperti sekarang ini jika Anda dapat merebut perhatian pendengar Anda, pelanggan Anda, pembaca blog Anda, atau siapa saja dengan hanya “dua not” pertama yang Anda hasilkan, maka tugas Anda selanjutnya akan lebih mudah.

Pembicara-pembicara kenamaan dunia akan mampu memukau Anda dengan dua kalimat pertama yang mereka ucapkan. Lihat saja Martin Luther King dan Mantan Presiden Soekarno.  Seth Godin akan memukau Anda dari dua slide pertama dalam presentasinya. Pembaca Harry Poter akan sulit untuk berhenti setelah dua halaman buku pertama hingga akhir buku ketujuh. Pebisnis handal akan langsung melunakkan investor-investor besar dari dua point pertama business plan-nya. Anda juga pasti langsung dapat membedakan yang mana tulisan Raditya Dika dengan Mira W dari 2 kalimat pertama yang Anda baca.

Bagaimana dengan Anda?

“Christina can sing all the notes, but Britney is just hot!”

- Dane Cook

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar