FikryFatullah.com

Menerapkan 7 Prinsip Islam Dalam Social Media – Memorabilia #BBSM @MotivaTweet

Leave a Comment

Presentasi 7 prinsip Islam


Beberapa waktu yang lalu, Motty (@MotivaTweet), mengundang saya, Bang Hafiz & Mbak Citra (Dawet Cah Mbanjar), dan Bang Indra Halim (Indrahalim.com) untuk menjadi narasumber dan berbagi di acara #BBSM atau Buka Bersama Sobat Motty. Rangkaian acara yang dimulai di Kota Bandung itu akhirnya tiba di Medan, dimana di setiap kotanya Motty menghadirkan pembicara yang berbeda-beda.
#BBSM


Pada malam itu saya membawakan sebuah materi yang berjudul “7 Prinsip Islam Dalam Social Media Untuk Bisnis.” Saya mencoba membawa hasil riset kecil-kecilan saya dimana ternyata orang-orang yang sukses menggunakan social media dalam bisnisnya memiliki kesamaan di beberapa hal. Kesamaan-kesamaan ini saya rangkum menjadi 7 element. Ternyata Islam telah lama mengajarkan element-element ini dan membaur dalam prinsip hidup kita sehari-hari.
Anda dapat mendownload presentasi saya sebagai materi pendamping Anda membaca ketujuh prinsip dibawah:



1. Bacalah
Iqro’ atau: “Bacalah” adalah ayat pertama yang turun dalam Al-Qur’an. Makna yang tersirat disini adalah, kita sebagai umat muslim harus terus memperkaya wawasan kita dengan membaca. Jika kita lihat di Twitter, orang-orang yang berpengaruh selalu berbagi wacana baru ke followernya, wawasan mereka seperti tidak ada habisnya. Saat mereka nge-tweet, walaupun singkat, kandungannya biasanya dalam. Saat mereka nge-blog, emosi yang kita rasakan dari setiap post-nya setara dengan tulisan dari buku-buku best seller. Lihat saja linimasa @MotivaTweet atau blognya di www.motivatweet.com.
Tentunya untuk memiliki Wacana yang luas, salah satunya Anda harus rajin membaca. Anda dapat memulainya dengan “blogwalking” atau membaca blog-blog yang topiknya sesuai dengan minat Anda. Kenapa blog? Karena blog biasanya adalah rumah bagi seluruh saluran social media sebuah akun. Ada beberapa element yang bisa Anda analisa dari blog-blog yang berpengaruh, diantaranya:
Topics: Jika kita membaca blog-nya Motty, topiknya tertulis dengan jelas dibagian header: MOTIVASI Super Yang NENDANG! Tentunya dengan hanya membaca header tersebut Anda tahu apa yang akan Anda baca di sebagian besar blog ini atau rangkaian tweet-nya saat Anda mem-follow @MotivaTweet.
Character: Setiap blogger pasti membawa karakter tertentu. Motty dalam hal ini membawa karakter rekaan: “Si Burung Super.” Nantinya karakter ini akan membedakan kita dari yang lain. Anda tentunya dapat membedakan tulisan Raditya Dika dengan tulisan Motty dalam 2 kalimat pertama mereka. Mengenai karakter sudah pernah saya bahas disini.
Market: Seperti apa pembaca Anda? Siapa yang memfollow Anda?? Menjawab pertanyaan tersebut akan membantu Anda mendefinisikan seperti apa pasar Anda. Jika boleh saya definisikan, pembaca blog Motty biasanya adalah anak muda yang belum atau baru akan memulai sebuah bisnisnya sendiri. Pasar Anda seperti apa??
Promotion: Bagaimana blog-blog berpengaruh mempromosikan blognya?? Motty mempersilahkan siapa saja meng-copy paste seluruh content dari blog-nya. Hal ini selain bermanfaat tentunya juga membuat blog-nya Motty semakin ngetop ^_^.
Design: Tampilan blog pada dasarnya hanya memiliki 3 element: Header, Content (Post), dan sidebar. Memiliki design yang baik agar pembaca Anda nyaman harus Anda pertimbangkan juga. Blog Motty design-nya sederhana dan nyaman kalau kita baca. Pilihlah theme yang seperti ini, jika Anda dapat men-design sendiri lakukanlah, namun ingatlah untuk tetap sederhana.
Adopsilah element-element diatas ke blog Anda. Apa? Belum punya blog?? Yuk #EKSYEN yang belum ngeblog ya ngeblog dulu lah ^_^.

2. Sebarkan Ilmu Yang Bermanfaat
Salah satu amalan dalam yang tidak akan putus meskipun kita sudah meninggal adalah: Ilmu Yang Bermanfaat. Jika Anda membaca blog Motty atau linimasanya di Twitter, tentunya yang Anda temukan hanya manfaat. Bahkan saya yakin sosok rekaan Motty si burung super benar-benar dibuat hanya untuk menyampaikan gagasan ini.
Ilmu yang bermanfaat paling tidak mengandung satu dari tiga element dasar ini:
Solve Problem: Masalah adalah akar dari ilmu pengetahuan. Salah satu cara paling cepat agar ilmu Anda bermanfaat adalah pengetahuan itu harus menyelesaikan suatu masalah. Mem-follow Motty akan menyelesaikan masalah-masalah seperti: tidak percaya diri, menentukan goal, dan lain-lain. Mem-follow mas Aidil Akbar (@AidilAkbar) akan menyelesaikan masalah perencanaan keuangan Anda. Mem-follow Anda akan menyelesaikan apa??
Simple: Seperti yang saya tulis di post saya: “Cerdas Itu Sederhana.” Ilmu Anda akan sia-sia jika dalam penyampaiannya tidak ada yang bisa memahami. Untuk lebih detailnya silahkan lihat Post-nya disini.
Universal: Islam itu universal. Jika Anda mampu, kemaslah ilmu yang Anda miliki agar dapat menembus batasan-batasan umat manusia seperti: waktu, budaya, bahasa, lokasi geografis, dan lainnya.
Nah, ini salah satu ilmu yang menyelesaikan masalah, sederhana, dan universal:





3. Jadilah Khalifah
Manusia adalah khalifah (pemimpin) di muka bumi. Ya, kata manusia ini artinya: Anda, saya, semua manusia. Anda harus memantaskan diri Anda saat terjun ke social media, jangan malu-malu! Jika Anda lihat di Twitter banyak sekali berseliweran motivator-motivator ternama negri ini. Tung Desem Waringin, James Gwee, Andrie Wongso, merupakan beberapa nama besar yang aktif di Twitter. Namun Sosok Motty muncul dan memantaskan diri dan menyebarkan tweet-tweet motivasi disetiap kesempatan. Batangkan kalu Motty minder dan malu-malu ditengah para nama-nama besar itu, kita mungkin tidak akan pernah bertemu di acara #BBSM.
Jadi bagaimana menjadi khalifah?? Kita dapat meneladani sifat kepemimpinan Nabi Muhammad, diantaranya:
Menentukan Prioritas: Apa prioritas Anda terjun ke social media?? Tulislah! Apa Channel social media yang menjadi titik berat Anda?? Blog? Twitter? Prioritaskan!
Mengutamakan Manfaat Daripada Kesiasiaan: Penuhi content blog ataupun timeline Anda dengan manfaat untuk pembaca Anda. Jangan lakukan kegiatan sia sia seperti me-RT pujian yang ditujukan untuk Anda.
Mementingkan Orang Lain Sebelum Diri Sendiri: Berhentilah membicarakan diri Anda sendiri. Riset Dan Zarrella membuktikannya. Akun Twitter yang lebih sedikit membicarakan diri mereka sendiri akan memiliki lebih banyak follower.
Memilih Jalan Termudah Untuk Umat: Jangan sampai setelah orang lain membaca blog atau timeline Anda ia masih harus googling lagi untuk mecari arti dari kata-kata Anda. Mudahkan mereka, tulis sesuatu secara gamblang, gunakan contoh dengan gambar atau video jika perlu.
Follower di Twitter Anda adalah pengikut Anda. Pimpin mereka!!

4. Disiplin
Amalan yang disukai adalah yang kecil namun dilakukan secara terus menerus. Demikian juga di social media. Saya hampir tidak pernah nge-tweet lebih dari 12 kali sehari. Namun saya selalu mengusahakan sebagian dari tweet saya itu bermanfaat. Jika kita melihat blog-blog berpengaruh seperti blog pak Jamil Azzaini (@JamilAzzaini.) Beliau selalu “memaksakan diri” untuk menulis setiap hari walaupun hanya posting yang pendek.
Anda dapat juga memaksakan diri Anda untuk disiplin dengan membuat yang saya sebut “Weekly Rhythm.” Belilah kalender dinding biasa yang dapat Anda coret-coret, tulis rencana content Anda setiap minggu: Senin: blog, Selasa: kultwit mengenai sedekah, Rabu: Comment ke blog lain, dll. Anda juga dapat menggunakan Google Calendar untuk melakukannya.

5. Memberi, Memberi, Memberi!!
Akan sangat mudah menemukan ayat atau hadist mengenai memberi dalam islam. Sedekah, zakat, qurban, dan lainnya. Namun carilah ayat yang menyuruh kita meminta, mungkin akan sangat sulit. Jangan! Sekali lagi jangan pernah menggunakan social media untuk bisnis Anda jika Anda tidak ingin berbagi.
Selain berbagi dalam bentuk content, Anda juga dapat berbagi dengan cara membantu orang lain membangun jaringannya. Hal ini bisa dengan bentuk merekomendasikan akun social media orang lain. Di Twitter budaya ini dikenal dengan Follow Friday atau #FF. Rekomendasikan siapa yang menurut Anda pantas. Follow saja yang Anda rasa bermanfaat. Jangan berharap kembali.

6. Indah
Islam itu indah, semua ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an selalu berlbalut keindahan. Tidak ada kalimat “sehari-hari” didalamnya. Jika Anda membaca linimasa Motty,seluruh tweet motivasinya juga berbalut keindahan kata-kata. Tanya saja 54 ribu lebih followernya.
Saya sudah pernah membahas mengenai keindahan di social media disini.

7. Sabar
Jika semua sudah Anda lakukan namun belum menunjukkan hasil yang Anda harapkan, sabarlah. Tidak ada kesuksesan yang terjadi satu malam. Susun lagi rencana baru kalau Anda merasa perlu. Nikmati Prosesnya!
______________________
“I Have A Dream”
Itulah kalimat yang telah banyak melahirkan orang-orang sukses seperti yang kita kenal sekarang. Kalimat itu juga yang mendasari Motty, sosok seekor burung rekaan yang telah banyak membantu memotivasi orang banyak melalui akun anonim: @MotivaTweet. Apa mimpi Anda??

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.



Buka Bersama Sobat Motty



Dreams are today's answers to tomorrow's questions.”
Edgar Cayce
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar