FikryFatullah.com

The Battle Of Ideas

Leave a Comment


Agar Anda mendapatkan perhatian di rimba jejaring sosial yang begitu padat seperti sekarang ini, selain faktor keberuntungan, Anda harus kreatif. Sangat kreatif. Hari-hari Anda harus penuh dengan ide-ide baru setiap hari. Teman atau follower Anda butuh sesuatu yang segar setiap hari agar buzzing itu terus terjadi dan pengaruh Anda di social media semakin kuat.

Setelah Anda mendapatkan ide yang menurut Anda luar biasa, masalah lain yang lebih besar menghadang: bagaimana agar ide tersebut sampai ke semua orang dan melekat, alias tinggal di pikiran orang lain. Jika, dan hanya jika kita beruntung,orang tersebut akan membicarakannya ke orang lain. Dan ide Anda pun bergulir.
Banyak pakar diluar sana sudah mempelajari bagaimana sebuah ide menyebar. Kenapa iPad bisa diterima pasar, kenapa legenda kuntilanak itu semua orang tahu, dan lain-lain. Jika kita aplikasikan dalam pemasaran, reaksi berantai ini yang sering kita sebut mulut ke mulut.


Berikut ini adalah referensi tiga buku yang saya anjurkan untuk membantu Anda memahami bagaimana sebuah ide melekat, menyebar dan akhirnya melegenda:


Tipping Point (Malcolm Gladwell)




Anda mungkin sudah membaca atau mendengar buku ini. Buku ini merupakan acuan untuk dua buku selanjutnya. Disini Malcolm membahas apa penyebabl atau Tipping Point yang menjadi awal sebuah epidemi ide. Bagaimana kejahatan di suatu kota menurun atau sebuah brand sepatu yang hampir bangkrut tiba-tiba menyebar dan menjadi trend. Silahkan lihat video ini untuk mendengar penjelasan Malcolm yang akan memberikan gambaran mengenai bukunya yang kesemuanya merupakan best seller. 




Made To Stick (Chip & Dan Heath)
Duo Heath bersaudara yang terinspirasi salah satunya oleh buku Tipping Point, juga menulis buku yang ringan untuk kita baca, namun padat dan sangat menginspirasi. Made To Stick akan mengajarkan kepada kita melalui serangkaian study kasus bagaimana caranya membuat sebuah ide atau gagasan melekat di benak orangt lain. Dari semua study kasus mereka ada enam element yang harus Anda terapkan paling tidak salah satunya agar kemungkinan ide Anda untuk bisa melekat jadi lebih baik. Buku ini selalu berada dalam jangkauan tangan saya diatas meja kerja. Saya selalu membacanya kembali saat akan menyusun sebuah kampanye social media, saat nge-blog, atau men-design presentasi. 

Made To StickBuku ini jodoh sekali dengan saya, dulu awalnya saya iseng baca-baca di Gramedia. Namun saat itu saya tidak membawa uang yang cukup (harganya Rp. 65.000.-) karena belum ambil gaji. Jadi ya sekalian beli besok sajalah, capek bolak balik. Namun esoknya buku ini sudah tidak ada ditempatnya lagi, saya tanya ke bagian informasi ternyata mereka mengatakan penerbitnya sudah menghentikan pengedaran buku ini. Saya terus berkeras kepada mbak-mbak bagian informasi itu kalau buku itu saya pegang di rak-nya kemarin. Namun ya apa mau dikata, kebijakannya sudah begitu. Saya lalu mencari keseluruh cabang gramedia di Medan, Nihil! Cari eBook-nya, tidak ada! Perjuangan belum berakhir, saya lalu memesan ke toko buku import. Mereka bilang bukunya ada, tapi harganya: Rp.400.000.-, wow. Ya sudah ga papa, nabung dulu. Dan buku ini pun segera terlupakan. Namun sekitar bulan Ramadhan kemarin, Gramedia mengadakan discount buku besar-besaran di Medan. Dan buku ini pun terpajang disana, masih terbungkus plastik yang rapi, kali ini harganya cuma Rp. 15.000.-. Jodoh kan??


Unleashing The Idea Virus (Seth Godin)



Dan tentu saja Seth Godin. Ia membagi buku ini secara cuma-cuma untuk siapa saja, namun masih bisa menempati posisi bestseller yang cukup bagus di Amazon. Kenapa buku yang dapat Anda download secara cuma-cuma masih banyak sekali yang beli?? Nah jawaban pertanyaan itu mungkin akan terkuak sedikit dalam buku ini. Malcolm Gladwell juga menuliskan kata-kata pembuka untuk buku ini. Dari pada Anda membaca ulasan saya, lebih baik Anda download dan baca sendiri bukunya.

Silahkan download disini. Gratis!


Memiliki ide dan mengetahui bagaimana sebuah ide tersebar dan melekat hanyalah sebahagian dari jalan Anda memenangkan pertarungan ide. Sisanya? Berusaha, berdoa, dan sabar. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa. Kalau masih gagal juga? well..Anda sudah melakukan yang terbaik yang Anda bisa.

"A man may die, nations may rise and fall, but an idea lives on." - John F. Kennedy

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar