FikryFatullah.com

Memahami Klout Score

Leave a Comment
Anda yang aktif di ranah social media teruta Twitter, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Klout. System pengukuran mengenai bagaimana pengaruh seseorang di social media ini kini teah merambah Facebook, Youtube, Flickr, dan bahkan Instagram. Dengan begitu, kini beberapa orang menganggap Klout sebagai standarisasi atau acuan seberapa besar pengaruh Anda di social media. Klout menilai pengaruh kita dalam skala 1 - 100 yang mereka sebut Klout Score, dimana seakin tinggi score-nya maka semakin berpengaruh lah Anda di dunia maya terutma social media. Dari beberapa variable yang mereka ukur Klout lalu mendefiniskan gaya atau tipe perilaku Anda di social media yang mereka sebut: Klout Style. Inilah matrix Klout Stye tersebut:




Saya sebenarnya tidak begitu ambil pusing dengan Klout dari awal layanan ini mereka luncurkan. Beberapa orang begitu tergila-gilanya dengan Klout hingga pusing jika score-nya minggu ini turun satu point dari minggu lalu. Para analis pun terus mempertanyakan hasil score ini. Namun apapun ceritanya, kita memang membutuhkan semacam acuan (selain jumlah follower) yang dapat menjadi indikasi apakah yang kita lakukan di social media itu berpengaruh atau tidak, terutama untuk Anda yang menggunakan socia media untuk bisnis. Pada dasarnya Klout Score terdiri atas tiga element dasar: True Reach, Amplification Probability, dan Network Influence. Mari kita sedikit berkenalan dengan tiga element dasar ini. 


True Reach 
True Reach adalah ukuran atau jumlah orang yang Anda pengaruhi. Seberapa luas tweet atau update status And berpengaruh kepada orang lain? Hal ini mereka nilai dari reaksi terhadap setiap update yang Anda buat. Berapa banyak yang me-Retweet atau membalas setiap tweet Anda? Berapa banyak jumlah "Like" setiap kali Anda mengupdate status di Facebook? Variable ini digabung dengan beberapa variable lain akan menentukan nilai True Reach Anda. 

Amplification Probability 
Amplification Probabilty adalah kemungkinan seberapa besar contet Anda mempengaruhi orang lain. Seberapa sering tweet Anda menimbulkan reaksi? Apakah Anda nge-tweet terlalu banyak atau teralu sedikit? Apakah banyak orang yang me-Retweet Anda atau hanya follower Anda yang itu-tu saja? Kemampuan Anda untuk terus mempertahankan tweet yang berkwalitas Akan terlihat disini. 

Network Influence 
Nilai yang terakhir ini menentukan seberapa besar pengaruh dari orag yang Anda pengaruhi. Apkah yang berteraksi dengan Anda itu orang-orang berpengaruh di social media? Berapa besar pengaruh orang yang me-retweet Anda? Penilaian terakhir ini berpusat pada orang-orang yang sering berinteraksi dengan Anda di social media. Untuk lebih memudahkan Anda melihat variabel lengkap penentu Klout Score Anda silahkan melihat skema ini:





Memahami Klout Score


Untuk men-download versi hi-res dalam bentuk PDF silahkan kesini:


 Jika ada yang ingin Anda tanyakan silahkan melalui Twitter saya: @fikryfatullah


"It takes tremendous discipline to control the influence, the power you have over other people's lives." - Clint Eastwood
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar