FikryFatullah.com

10 Pelajaran Nge-blog Dari Steve Jobs

Leave a Comment
Saya setuju, semua yang harus ditulis mengenai Steve Jobs telah ditulis di internet. Di hari kematiannya, quotes atau kutipan kata-kata pendiri Apple ini memenuhi timeline saya di Twitter. Memang benar, banyak sekali yang bisa kita pelajari dari seorang Steve Jobs termasuk dalam menulis blog. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:


____________________________________


1. Jangan Pernah Berhenti Membaca.


"Stay hungry, Stay Foolish"


Bacalah semua yang bisa Anda baca untuk bekal menulis di blog Anda. Di era information overload seperti saat ini, menemukan artikel, tweets, video, foto, atau blogpost untuk referensi Anda tentu semakin mudah. Langgananlah ke blog-blog favorit Anda, follow orang-orang berpengaruh di bidang Anda. Jangan pernah merasa Anda sudah cukup tahu mengenai dunia Anda.


nb: Kutipan diatas bukan kata-kata original Steve Jobs, Ia mengutipnya dari sampul belakang sebuah majalah.






2. Menulislah Untuk Diri Sendiri Terlebih Dahulu.


"...We didn't build the Mac for anybody else, we built it for ourselves... We just wanted to build the best thing we could build."


Tulislah post terbaik yang Anda bisa untuk blog Anda. Tulislah sesuai dengan kemampuan dan standarisasi Anda, jangan bandingkan dengan orang lain. Puaskan diri Anda sendiri. Jangan menulis untuk memuaskan semua pembaca Anda. Jika nantinya tulisan Anda "laku" dan banyak yang baca, ya sudah anggap saja sebagai bonus. Jika tidak Anda pun tidak kecewa karena puas sudah melahirkan tulisan terbaik Anda.


3. Tulis Sesuatu Yang Anda Jumpai Sehari-hari.


"Things don't have to change the world to be important."


Salah satu cara terbaik untuk latihan menulis blog adalah dengan menulis hal-hal sederhana yang Anda jumpai setiap hari. Asah kepekaan Anda terhadap lingkungan sekitar. Pasti ada sesuatu yang menarik disana. Tulis saja, jangan membebani diri Anda sendiri bahwa setiap post haru besar dan berdampak ke orang banyak, bahwa setiap post harus merubah dunia.


4. Mudahkan Pembaca Anda.


"Most people have no concept of how an automatic transmission works, yet they know how to drive a car. You don't have to study physics to understand the laws of motion to drive a car. You don't have to understand any of this stuff to use Macintosh."


Silahkan utak atik blog Anda, setiap Anda memiilih design, themes, widgets atau apapun selalu pertimbangkan kemudahan pembaca. Mereka mau follow Twitter Anda? sediakan tombolnya, mereka ingin melihat kategori tertentu? beri pilihannya. Jangan sedikit pun menghambat mereka. Sederhanakan blog Anda. Mereka ingin membaca, bukan ingin mempelajari bagaimana mengoperasikan blog Anda. Ingatlah bahwa iPad tidak datang dengan manual book, tapi keponakan saya yang berusia 3 tahun dapat dengan mudah menggunakannya. 


5. Beri Cinderamata Kepada Pembaca Anda.


"I want to put a ding in the universe."


Tinggalkan kesan kepada pembaca Anda bahkan setelah mereka meninggalkan blog Anda. Sekedar informasi: "ding" adalah kerusakan minor pada sesuatu, misalnya cat mobil yang terkelupas sedikit sekali. Jangan biarkan pembaca Anda datang dan pergi tanpa "ding" yang menempel di benak mereka. Saya melakukannya dengan sesekali memberikan link untuk men-download sesuatu dari blog saya, seperti disini. Anda juga dapat mendownload versi PDF dari semua post di blog saya dengan mengklik tombol print | PDF dibagian bawah semua post. Cari logo dibawah ini, klik, simpan, dan baca kapan saja Anda mau.




6. Pembaca Anda Tidak Tahu Apa Yang Mereka Butuh.


"...it's hard for them to tell you what they want when they've never seen anything remotely like it."


Walaupun Anda tanya, akan sulit sekali mengetahui apa yang pembaca Anda butuh dari blog Anda di masa depan. Anda harus sedikit "berkeringat" mengerjakan semua detail di setiap post Anda agar waktu yang dihabiskan pembaca Anda tidak sia-sia. Jika ternyata post Anda gagal Anda harus mengulangi semua proses itu lagi dan memperbaiki di sana sini. Jika ternyata berhasil, tugas Anda akan semakin berat karena pembaca kini memiliki ekspektasi bagaimana post Anda kedepannya.


7. Design Itu Penting.


"Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works."


Pilih theme, atau template terbaik yang Anda bisa untuk blog Anda. Jika Anda bisa men-design-nya tentu lebih baik lagi. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor SEO dari setiap design Anda. Adaptasikan blog Anda dengan keinginan pembaca, jangan sebaliknya. Tempatkan widgets atau plug-ins dengan komposisi yang paling sesuai menurut Anda dan fungsinya. Design yang baik biasanya fungsional. Lihat saja semua produk Apple.


8. Disiplinlah.


"To turn really interesting ideas and fledgling technologies into a company that can continue to innovate for years, it requires a lot of disciplines."


Bayangkan Anda beradadi posisi Steve Jobs. Selain Anda memiliki kompetitor yang tak akan pernah tidur, Anda memiliki pelanggan loyal yang selalu haus akan temuan Anda yang paling baru. Semua ancaman dan ekspektasi ini tentunya membutuhkan disiplin dan kerja keras. Jika ingin blog Anda sukses, disiplinlah! Begitu banyak blog yang luar biasa bagus diuar sana, mereka terus menumpahkan pembaca mereka dengan content-content yang bagus sekali. Kapan terakhir kali Anda meng-update blog??


9. Hasil Blog Anda Tidak Akan Anda Nikmati Sekarang.


"You can't connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something - your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life."


Saat saya tanya kenapa seseorang ngeblog? Separuhnya mengatakan untuk mendapatkan uang. Well, tidak ada yang salah dengan itu. Namun saat kenyataan datang dan blog mereka tidak menghasilkan sepeserpun, maka birahi untuk menulis itu pun pudar. Apapun tujuan Anda ngeblog pasti butuh proses. sabar, lakukan yang terbaik, percaya saja! Saat nantinya blog Anda menghasilkan sesuatu, lihatlah post lama Anda, lihat bagaimana semuanya seperti klop dan menyatu membantu Anda mencapai titik saat ini.


10. Tulislah Layaknya Ini Tulisan Anda Yang Terakhir.


"For the past 33 years, I have looked in the mirror every morning and asked myself: 'If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?' And whenever the answer has been 'No' for too many days in a row, I know I need to change something."


Setiap post Anda adalah warisan Anda kepada dunia. Menulislah seperti layaknya post berikut ini adalah tulisan terakhir Anda. Dengan begitu, walaupun Anda menulis mengenai sesuatu yang sederhana, Anda akan termotivasi untuk membuatnya berkesan. Tanya diri Anda sendiri. Jika Anda terus menerus mengatakan "post terakhir saya bukan seperti ini." setelah membacanya, rubah pola menulis Anda.


___________________________________


"Your time is limited, so don't waste it living someone else's life. Don't be trapped by dogma - which is living with the results of other people's thinking." - Steve Jobs


#thankyousteve



nb: Gambar diatas dibangun dari kumpulan tweet dengan tag: #thankyousteve. klik gambar diatas untuk melihat versi hi-res dimana Anda dapat melihat gambarnya dengan lebih detail dan mungkin membaca salah satu tweet-nya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar