FikryFatullah.com

9 Langkah Membuat Blog Walking Lebih Menyenangkan

1 comment
Membaca menurut saya adalah proses paling penting dari seluruh kegiatan kita di social media. Blogger yang baik biasanya sangat rajin membaca blog-blog lain. Kegiatan ini biasanya disebut 'blogwalking.'


Namun proses paling penting ini juga merupakan yang paling sulit dan membosankan. Karenanya berikut ini kita akan membahas beberapa trik yang dapat membuat perjalanan blog Anda selanjutnya semakin menyenangkan.


________________________



1. Gunakan Google Reader.
Google reader adalah aplikasi pembaca RSS feed paling pouler di dunia. Google reader merupakan aplikasi yang mudah, cepat, bisa meyimpan jumlah feed yang sangat besar (saya tidak pernah mendengar ini ada batasnya,) dan tentunya gratis. Jika Anda telah memiliki Google Account maka Anda tinggal mengakses link ini.






Kini, setiap anda mengunjungi blog seseorang carilah simbol seperti ini:






Copy alamat yang ada pada tombol tersebut (klik kanan "save link as.."), buka halaman google reader Anda dan klik tombol 'Add a subscription.' Selesai. Anda telah berlangganan blog tersebut. Kini Anda tidak perlu lagi menjelajahi blog-blog favorit Anda satu persatu.


2. Make It Automatic.
Gunakan aplikasi Google Alerts untuk secara otomatis mengirimkan link dari blog atau apapun yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari ke email Anda. Silahkan akses link ini.




Isi kata kunci yang terkait dengan blog Anda, misalnya: 'warlaba.' Pilih type: 'Everything.' Tentukan seberaa sering Anda ingin menerima emailnya. Saya sarankan 'Once a day,' namun jika Anda ingin informasi tercepat pilih: 'As-it-happens.' Pilih 'Only the best result' dan pilih email Anda. Selesai, setiap hari email anda akan berisi link menujuu blog au website yang sesuai dengan kata kunci Anda. Ulangi semua proses tadi untuk kata kunci yang berbeda.


3. Follow Sang Penulis.
Kini sepertinya semua blogger sudah menyertakan akun social media lain dalam blog-nya seperti Twitter, Facebook atau Facebook Page, Google+, dan lain-lain. Hampir pasti mereka akan menyebarkan link menuju post terbaru blog mereka sebagai bagian dari promosi. Follow mereka di Twitter, berteman dgn mereka di Facebook, hal ini akan membuat Anda selalu update akan blog favorit anda sambil berjejaring sosial.


4. Susun Dari Awal
Begitu Anda menjumpai blog yang anda suka, langsung susun dan kategorikan blog tersebut di Google Reader. Saya memiliki hampir 25 kategori di Google Reader saya. Semakin sempit dan tersegment pengkategorian Anda akan semakin baik, terlebih lagi saat nanti jumlah blog yang Anda ikuti bertambah.






5. Buat lebih menyenangkan.
Gunakan aplikasi Feedly untuk pengalaman membaca Google Reader yang lebih menyenangan. Feedly akan merubah total tampilan Google Reader anda sehingga menyerupai majalah digital. Feedly juga akan terus merekomendasikan kepada anda blog-blog terkait yang mungkin anda suka. Install Feedly ke Google Chrome Anda secara gratis disini.






6. Scan
Kecuali post tersebut benar-benar menarik, Anda tiak perlu membaca seluruh post tersebut dari awal sampai akhir. Scan saja bagian-bagian yang penting, temukan ide utama artikel tersebut untuk selanjutnya pindah ke blog ain sebelum anda lelah memaca.


7. Read Later
Mood adalah salah satu faktor kendala seseorang malas membaca. Jika setelah di scan ternyata artikel tersebut sangat menarik namun Anda belum menemukan mood membaca, segera bookmark, print, save, atau convert ke pdf untuk menyimpannya. Namun jangan lupa kategorikan semua file yang anda simpan dengan baik di komputer Anda. Google Reader dan Feedly juga memiliki fitur read later untuk artikel yang ingin Anda baca nanti.


8. Spread It
Menyebarkan suatu artikel yang Anda baca memiiki dua kelebihan: Pertama. Sang blogger tentunya akan merasa terbantu dengan Anda dan siapa tahu nantinya ia akan dengan senang hati membantu menyebarkan post Anda selanjutnya. Anggap saja sebagai modal membangun silaturahim. Kedua. dengan menyebarkan content yang bermanfaat melalui saluran social media seperti Twitter dan Facebook, Anda tentunya sedang membangun kredibilitas Anda sendiri. Content yang baik biasanya juga memancing percakapan yang siapa tahu bisa jadi bahan tulisan Anda selanjutnya.


9. Tinggalkan Kenang-kenangan
Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dari blog-blog yang Anda kunjugi. Komentar berfungsi sebagai  prtofolio mini Anda di blog tersebut, karenanya tinggalkanlah komentar yang relevan. Buktikan bahwa Anda benar-benar membaca blog-nya. Komentar yang baik akan menimbukan interaksi yang baik pula yang lagi-lagi akan menguntungkan blog Anda sendiri.


____________________


Selamat membaca.


"A person who won't read has no advantage over one who can't read." - Mark Twain.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Wah, ane suka tulisan ini. Aku sendiri menggunakan aplikasi rss agregator bawaan ubuntu yaitu liferea.

    BalasHapus