FikryFatullah.com

7 Langkah Berpromosi Dengan Social Quiz Melalui Twitter

Leave a Comment



Quiz telah lama menjadi senjata promosi yang melibatkan pelanggan kita dalam mempromosikan sesuatu. Beri iming-iming hadiah, tanyakan pertanyaan yang sederhana, tambah air, dan BAM!! Bersiaplah menunggu gelombang jawaban yang masuk dengan harapan ikut meningkatkan brand awareness Anda.
Social media juga belakangan menjadi wadah untuk menyelenggarakan kontest dan quiz untuk membangun ikatan dengan follower dan fans. Para penyelenggara menjanjikan hadiah dari mulai pulsa hingga iPad2 untuk para pemenang.
Anda dapat memanfaatkan quiz melalui Twitter untuk membangun brand awareness, memasarkan produk baru, atau hanya sekedar untuk menambah jumlah follower. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyelenggarakan Social Quiz di Twitter.

1. Buat #Hashtag Yang Tepat Sasaran
Hashtag yang Anda gunakan dapat berupa hadiah atau produk baru yang ingin Anda pasarkan melalui quiz, atau apa saja yang berkaitan dengan tujuan Anda mengadakn quiz tersebut. Misalnya #PusaGratis atau #BaliTrip jika hadiah Anda paket liburan ke Bali. Hashtag juga bisa menggunakan nama brand Anda atau tema quiz Anda, bereksperimenlah. Hashtag ini akan menjadi brand sendiri untuk aktifitas quiz Anda nantinya dan dapat mempermudah quiz Anda menjadi viral.

2.  Aturan Yang Jelas
Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari pada hadiah quiz yang batal kita dapat setelah penyelenggara quiz menyatakan kita tidak memenuhi syarat. Buat aturan-aturan yang jelas mengenai quiz yang akan Anda laksanakan. Bagaimana pemenang akan Anda pilih? Apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan hadiah utama? Apa kriteria yang membedakan pemenang dengan yang bukan pemenang? Jika ada pajak, siapa yang membayarnya? Ada baiknya Anda menulis dengan detail semua aturan ini disebuah halaman website atau blog Anda lalu menyebarkan link-nya di Twitter sebelum quiz Anda mulai.

3. Jabarkan Hadiah Yang Akan Mereka Dapat
Jangan menawarkan iming-iming “Total Hadiah…..” Namun jabarkanlah hadiah apa yang akan peserta Anda dapatkan dengan detail. Hal ini akan membuat calon peserta quiz Anda tahu nilai dari hadiah Anda.

4. Make It VIral
Rancang quiz Anda agar memacu aktivitas di Twitter atau layanan jejaring sosial lain yang membuatnya menjadi bahan pembicaraan bagi orang lain yang bahkan tidak ikut quiz Anda. Lebih baik lagi, buat quiz Anda menghibur bagi siapa saja. Akun anonim: @Poconggg melakukannya dengan sangat baik sekali.



5. Kecil, Namun Lakukan Secara Rutin
Quiz dengan hadiah yang relatif kecil namun dilakukan secara rutin akan memiliki dampak yang besar untuk promosi brand kita. Tawarkan buku dengan tanda tangan Anda, voucher belanja, kaos, stiker, makan gratis, dan lain-lain. Beberapa brand yang saya lihat “hanya” membagikan pulsa Rp. 20.000.- dalam beberapa minggu terbukti mengalami pertumbuhan follower yang luar biasa pesat. Follower Anda butuh waktu untuk mengadaptasi aturan quiz Anda. Begitu juga untuk efek viral-nya. Jadi pastikan Anda masih punya stock hadiah saat gelombang viral-nya mulai datang.



6. Libatkan Sponsor
Anda tidak harus menyediakan sendiri hadiah untuk quiz Anda. Tawarkan pihak lain untuk ikut terlibat dalam quiz Anda. Misalnya hadiah Anda voucher makan, ajak salah satu tempat makan di daerah Anda untuk bekerja sama. Bantu promosi bisnis sponsor Anda dengan membuat pertanyaan atau menugaskan peserta quiz di seputar sponsor Anda.



7. Bukti Bukti Bukti.
Foto dan perlihatkan hadiah yang akan Anda tawarkan ke pemenang quiz sebelum quiz dimulai. Setelah selesai, minta kepada pemenang untuk men-tweet atau memfoto untuk memberikan bukti bahwa Ia sudah meneria hadiah dari Anda. Hal ini akan membangun kepercayaan follower Anda sehingga quiz yang selanjutnya akan memiliki dampak yang lebih baik.

Social quiz akan menjadi sarana yang baik sekali untuk mengajak follower Anda ikut terlibat dalam promosi Anda melalui Twitter. Silahkan mencoba menggunakan social quiz sebagai alternatif promosi usaha Anda. Selamat berpromosi!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar