FikryFatullah.com

Akber Medan - Strategi Content Untuk Blog

Leave a Comment




Hari sabtu 26 November 2011 lalu saya mendapatkan kehormatan untuk berbagi di kampus terbuka terbesar di Indonesia: Akademi Berbagi. Atas undangan Achmad Zaky (@kutaraja) kami sepakat untuk membawakan materi: "Strategi Content Untuk Blog dari 2 pilihan materi yang saya ajukan.


Materi ini sebenarnya berisi motivasi untuk membawa gairah ngeblog itu kembali lagi yang dikemas dalam balutan strategi untuk content. Ditengah gempuran Facebook, Twitter dan Google+ banyak orang sekarang mendistribusikan contentnya melalui saluran-saluran yang lebih dinamis seperti itu. Namun blog tetaplah blog. Tidak ada keterbatasan karakter,  tidak ada notifikasi saat artikel kita ter-link ke orang lain, tidak ada nama yang bisa kita tag, tidak ada tombol retweet. Hanya kanvas kosong yang semuanya bergantung kepada kita untuk melukisnya.




Pemikiran inilah yang membawa saya ke pertanyaan apa yang sebenarnya menghambat seseorang untuk menulis blog secara rutin ditengah semua potensinya untuk menghasilkan sebuah karya dan tentunya manfaat bagi orang lain dan diri kita sendiri. Selain bertanya disini, saya juga melakukan riset disana sini untuk berusaha mencari sebuah formula yang dapat memudahkan seseorang untuk menulis blog dengan rutin apapun hambatannya.


Ada 3 element dasar yang dapat menjadi landasan dalam membuat strategi content untuk blog Anda sendiri, ketiga element itu adalah:


1. Content


Benar Content adalah raja. Hal pertama yang harus Anda rancang tentunya adalah content itu sendiri. Ada 3 tahapan dalam strategi content:
Plan: Tahap dimana kita merencanakan akan seperti apa content kita.
Observe: Mengobservasi apakah sudah adablog lain yang sukses menjalankan content yang akan kita jalankan? Jika sudah ada bagaimana mereka melakukannya? Apa pelajaran yang dapat kita ambil?
Execute: Bagaimana kita akan menulis contentnya? Apa cerita yang akan kita sampaikan??


2. Consistency


Jika content adalah raja, maka konsistensi adalah ratunya. Agar dapat mem-publish content secara rutin dengan konsisten maka kita memerlukan perencanaan yang analog dengan pena dan kertas atau buku catatan. Kenapa analog? Sederhana! Pena dan kertas tidak membutuhkan baterai, tidak ada booting, tidak membutuhkan signal.


Gambarlah mindmap sederhana yang berisi cikal bakal content blog Anda. Karena sifatnya skema, tentunya mindmap sederhana ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Anda juga bisa melakukannya dimana saja dalam kondisi seperti apapun.


Setelah bahan baku content-nya selesai, maka yang harus Anda lakukan adalah menentukan kapan Anda akan mem-publish content tersebut. Temukan weekly rhythm Anda, yaitu pola dimana Anda bisa mem-posting content Anda dalam satu minggu. Misalnya Hari Senin Anda menulis mengenai review kuliner yang Anda makan saat weekend, hari rabu Anda menulis tips memasak, dan lain-lain.


Belilah kalender sederhana, gunakan Google Calendar, atau Wunderlist, tidak masalah alatnya apa. Yang penting Anda dapat dengan mudah menuliskan weekly rhythm Anda didalamnya.


3. Creativity


Kreativitas adalah penyihir untuk sang raja dan ratu dalam blog Anda. Kreativitas adalah bagaimana sebuah keajaiban dapat terjadi di blog Anda. Ada satu dunia sendiri mengenai kreativitas yang tidak mungkin saya jabarkan semuanya disini. Namun untuk saya pribadi, kreativitas adalah bagaimana kita membuat hal-hal rumit menjadi sederhana.


Anda dapat menyususn program-program content secara kreatif untuk blog Anda. Contohlah TV, berilah nama pada setiap program yang Anda buat. Contohnya saya di blog ini sedang menjalankan program Bicarakan Anda yang merupakan podcast berisi tips mengenai social media dan program-program lain dengan content dan consistency yang berbeda-beda. Susunlah jadwal program-program Anda seperti TV. Misalnya Senin pagi untuk program apa.


Terimakasih sekali lagi untuk kepercayaan yang sudah diberikan ke saya. Berbagi benar-benar bikin hepi.


About Akademi Berbagi
Website

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar