FikryFatullah.com

Serba Diam-diam Di Pinterest

4 comments

Diam-diam menghanyutkan. Itulah Pinterest.

Layanan social media yang baru saja muncul akhir tahun 2010 ini benar-benar seperti singa yang memburu mangsanya, diam namun mematikan.

Cara kerja Pinterest mirip dengan Tumblr atau layanan bookmark Stumbleupon. Anda dapat mengkurasi atau "mem-pin" gambar/ foto dan video mana saja yang Anda temukan di internet. Sederhana, namun sepertinya gambar akan bercerita lebih banyak dari 140 karakter. 

Berikut ini beberapa fakta "diam-diam" Pinterest:


________________________________________________

Pinterest Diam-diam Sudah Memiliki Banyak Pengguna


Per Oktober 2011 Pinterest sudah memiliki 3 juta pengguna dengan 7 juta lebih unique visitors. Padahal Pinterest masih belum membuka secara umum layanan mereka dan masih bersifat undangan.


Pinterest Diam-diam Menghasilkan Lebih Banyak Refferal Traffic Daripada Para Pemain Besar

Ya, itu artinya sumber pengunjung website Anda yang paling besar nantinya bisa berasal dari Pinterest. Hal ini sudah terjadi di Amerika. Jumlah refferal Pinterest bahkan mengalahkan Youtube, Google+, dan LinkedIn.



 Pinterest Diam-diam MenghasilKan Uang Dari Link Yang Anda Pin

Setiap gambar, foto dan, video yang Anda pin, Pinterest akan menyertakan link darimana gambar tersebut berasal. Namun dibeberapa kesempatan, Pinterest akan diam-diam merubah link tersebut dengan link refferal yang relevan dengan gambar yang Anda pin. Mereka menggunakan layanan dari Skimlinks. Hal ini akan menghasilkan uang bagi Pinterest setiap kali ada pengguna yang meng-klik link-nya. Mengenai kebijakan ini, Pinterest tidak pernah memberitahunya. 

Namun walaupun tindakan seperti ini legal, Pinterest akhirnya menutupnya juga. Berita selengkapnya bisa Anda lihat disini dan disini.




Pinterest Diam-diam Sudah Memiliki Banyak Sekali Clone


Ini cukup menarik. Pinterest bisa jadi layanan social media yang sudah banyak sekali di-clone padahal belum terbuka untuk umum. Pinterest khusus untuk laki-laki? Sudah ada! Khusus berisi gambar-gambar seputar pernikahan?  Ada donk. Daftar lengkap cloning Pinterest bisa Anda lihat disini.




Anda Akan Diam-diam Mem-follow Orang Lain Di Pinterest


Seperti Slideshare, akun Pinterest Anda akan secara otomatis mem-follow orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Saya belum pernah sekalipun mem-follow siapa-siapa saat kemarin saya lihat saya sudah mem-follow 13 orang. Dan anehnya saya tidak bisa meng-unfollow mereka.


__________________________________


Pinterest Untuk Marketing


Untuk Marketing, Anda harus menggunakan Pinterest secara diam-diam. Pinterest dengan tegas menulis etika bagi penggunanya. Salah satu yang harus menjadi perhatian bagi marketer adalah:
"Avoid Self Promotion Pinterest is designed to curate and share things you love. If there is a photo or project you’re proud of, pin away! However, try not to use Pinterest purely as a tool for self-promotion."
Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca disini.


Artinya Anda tidak bisa terang-terangan mem-pin produk atau brand Anda. Karenanya beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:


Apakah Ini Cocok Untuk Anda?


Benar, pastikan paling tidak Anda senang menggunakannya. Pinterest adalah layanan yang sangat visual. Layanan ini akan sangat cocok untuk beberapa usaha seperti furnitur, hotel/ resort, atau kuliner. Lihat saja presentasi menakjubkan dari Travel Channel ini:






Untuk usaha yang tidak begitu visual seperti jasa konsultan misalnya, menggunakan Pinterest akan butuh trik ekstra, paling tidak untuk sementara.




Mulailah Dengan Minat Anda


Mulailah dengan mem-pin apa saja yang menarik namun usahakan untuk tetap sesuai dengan usaha Anda. Jangan lupa di social media brand Anda hidup, ia bernafas dan memiliki selera. Berdasarkan apa yang Ada pin secara langsung maupun tidak akan membentuk persepsi kepada follower Anda mengenai brand Anda.


Lihat saja Chobani. Sebuah perusahaan yogurt yang benar-benar menyesuaikan content Pinterest dengan tagline mereka: "Nothing But Good." Halaman Pinterest mereka berisi resep, menikmati Yogurt dengan cara berbeda, dan hal-hal yang walaupun tidak berkaitan mampu membentuk positioning yang bagus di benak pasar.






Berkolaborasilah Dengan Pelanggan Anda


Pinterest memiliki fitur untuk mengizinkan orang lain mengisi pin didalam board yang Anda tentukan. Pilihlah pelanggan-pelanggan terbaik Anda, kenalkan pada pinterest, dan buat mereka mengisi board khusus tersebut. Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengadakan contest bagi pelanggan Anda.




Value Added


Jikapun Anda ingin menjadikan Pinterest sebagai display untuk produk Anda, berikanlah nilai tambah terhadap content tersebut.


Whole Foods Market melakukannya dengan sangat baik sekali. Alih-alih menjajakan produk-produk mereka seperti katalog, mereka memberikan contoh menu makanan sehat seperti apa yang dapat Anda buat menggunakan bahan-bahan organik mereka yang berkwalitas tinggi. Selain itu, komitmen mereka terhadap kesehatan pelanggannya juga tergambar dari beberapa board yang berisi content-content tentang kesehatan, kebersihan, tanam-menanam dan daur ulang.






Belakang Layar


Orang selalu tertarik dengan apa yang terjadi di belakang layar. Pin lah kegiatan Anda dan tim Anda yang mungkin pelanggan Anda tidak tahu. Pin foto-foto dari Facebook karyawan Anda. Hal ini akan selain memberi "wajah" pada usaha Anda, juga akan menjadi sarana yang baik sekali untuk membangun ikatan emosional.


Jika Anda ingin mendapatkan undangan untuk menggunakan pinterest, silahkan ke isi email Anda pada kolom yang tersedia di Pinterest


Pinterest masih sangat muda, mari kita lihat inovasi apalagi yang akan mereka lakukan kedepan.


Undangan Anda tak kunjung datang? Hubungi saya.


Follow Me on Pinterest

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar:

  1. Artikel yang menarik. ane baru tau kalo pinterest itu banyak clone-nya.
    Masih bingung juga nih, cara maksimal dan terkonsep yang sesuai buat memaksimalkan potensi pinterest buat marketing.

    BalasHapus
  2. wah emang menghayutkan ni pinterest ! untung gak nyimpan sandi paypal di pinterest heheheh

    BalasHapus
  3. wah pencapaian besar yang tanda kutip ni pinterest

    BalasHapus