FikryFatullah.com

Astronom Dan Astronot

Leave a Comment
Ilustrasi: buchijevaradionica.blogspot.com

Astronom adalah orang yang mempelajari semua hal tentang antariksa. Mereka memetakan bintang, meneliti, memberi nama, dan lain-lain. Mereka tahu persis permukaan Bulan seperti apa, massa-nya berapa. Dimensinya, detail kandungan permukaannya, semuanya. Namun mereka tetap tinggal di bumi.


Astronot adalah orang yang berlatih sepanjang hari, selama berpuluh tahun. agar dapat terbang ke luar angkasa, dan kembali dengan selamat untuk menceritakannya. Mereka mungkin tidak tahu nama kawah terbesar di Bulan, tapi hei, siapa perduli? Mereka sudah tiba di sana.



Dalam bisnis, Astronot adalah: entrepreneur, pengusaha, Founder sebuah perusahaan. Mereka mungkin tahu sedikit mengenai akuntansi, legalisasi usaha, juga sedikit mengenai manajemen SDM. Yang penting usahanya jalan, "seseorang akan mengurus semua detail itu nanti" adalah jawaban yang akan sering Anda dengar.


Astronom adalah: guru bisnis, consultant, penulis buku bisnis, peneliti, pakar bedah bisnis. Mereka bisa menilai baik atau tidaknya bisnis seseorang, keefektifan kampanye pemasaran, dan siapa yang seharusnya mereka pecat sejak dulu. Namun mereka tidak punya bisnisnya.


Perdebatan yang sering terjadi adalah siapa yang harus kita dengar? Pebisnis yang sudah punya pengalaman, atau pakar bisnis yang punya banyak pengetahuan? 


Menurut saya jawabannya sederhana: 


astronom hanya berbicara bahasa yang hanya astronot dan sesama astronom yang bisa mengerti. Disatu sisi astronot lebih populer di masyarakat dan biasanya punya cerita yang lebih menarik untuk mereka sampaikan ke orang-orang awam. 


Astronom bisa membuat astronot pulang dengan selamat ke bumi, astronot bisa membuat lebih banyak orang menjadi astronot.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar