FikryFatullah.com

Why Videos Go Viral

Leave a Comment
Kevin Alloca seorang analis yang sekarang menjabat sebagai Youtube Trends Manager. Ya, pekerjaannya adalah menonton video di Youtube. Secara Professional!


Saya selalu suka membahas bagaimana sebuah ide bisa menyebar. Dalam presentasi TED-nya berikut ini, Ia menjelaskan Apa yang membuat sebuah video menyebar menjadi pembicaraan semua orang, hingga membuat sebuah kultur baru di internet.


Menurut Kevin, di era dimana setiap menit ada 48 jam video yang di upload seperti sekarang ini, ada 3 element yang membuat sebuah video menjadi populer di internet. Ketiga element itu adalah:


  1. Tastemakers - Orang-orang yang kemungkinan besar memang sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar yang mulai membicarakan video yang ia suka. 
  2. Partisipasi Komunitas - Orang-orang yang berpartisipasi terhadap menyebarnya suatu video. Mereka tidak hanya menonton dan membagikannya ke teman-teman mereka. Mereka berpartisipasi! Artinya mereka me-remix, mem-parodikan, dan melakukan apa saja yang menimbulkan video baru yang segar. Video-video baru inilah yang membantu meningkatkan jumlah penonton video aslinya.
  3. Unexpectedness - Faktor kejutan dan ketidaksangkaan (adakah kata itu dalam bahasa Indonesia?) yang ada dalam video tersebut hingga membuat orang membicarakannya.
Dalam presentasinya ia mencontohkan ketiga element diatas menggunakan video-video terpopuler di dunia.

Sediakan 7 menitan waktu Anda (lebih jika Anda tambah dengan buffer) untuk menonton video presentasi ini. Percayalah Anda akan berterimakasih pada saya nanti.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar