FikryFatullah.com

How Marketable Are You?

Leave a Comment
Jika Anda ingin mendapatkan gambaran bagaimana kinerja website atau blog Anda diluar sana, Hubspot menyediakan aplikasi gratis untuk mengetahuinya. Marketing Grader akan mengukur apakah website dan blog Anda cukup marketable untuk bisnis Anda. Anda akan mendapatkan score dengan skala 0-100 (dimana 100 adalah yang terbaik) tergantung seberapa baik Anda mengelola website atau blog Anda. Anda tidak hanya mengetahui informasi penting seputar website Anda (seperti SEO dan statistik) namun juga perilaku pengunjung yang datang ke sana (seperti berapa banyak mereka men-tweet blog Anda, dll.)

Halaman depan marketing grader
Halaman depan Marketing Grader

Caranya juga sangat sederhana, pada halaman depan Anda tinggal mengisi URL website atau blog Anda. Anda juga dapat mengisi URL website atau blog kompetitor atau siapa saja sebagai perbandingan. Anda juga bisa mengisi alamat email Anda di kolom paling bawah untuk mendapatkan tips-tips dari Hubspot. Disebelah kiri Anda akan melihat keterangan singkat bahwa Hubspot menganalisis grade atau peringkat Anda berdasarkan 3 area penting pemasaran:




1. ToFU (Top Of The Funnel)
Pada bagian ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai content di website blog Anda. Seberapa rutin Anda meng-update content? Sudah optimalkah? Bagaimana promosinya? Semua akan terjawab di area yang pertama ini.


2. MoFu (Middle Of The Funnel)
Pada area pertengahan corong pemasaran ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai konversi dari traffic ke leads, dan dari leads ke customers, serta marketing automation. 


3. Analytics
Pada bagian ketiga ini Anda akan mendapatkan analisis mengenai website Anda. Sudah efektifkah yang Anda lakukan?




Setelah Anda mengisi URL website Anda, Marketing Grader akan mengkonfirmasi URL Blog, serta akun Twitter dan Facebook Anda. Anda dapat meng-edit akun-akun tersebut jika ternyata tidak sesuai dengan mengklik tombol "Fix it."

konfirmasi akun marketing grader
Konfirmasi akun Anda

Jika sudah benar, klik tombol "Looks good. Let's see this thing!" Ambillah minuman dan makanan ringan karena prosesnya akan butuh waktu apalagi jika Anda menuliskan URL kompetitor lebih dari satu.


Tidak lama kemudian, Marketing Grader akan memberikan score Anda:

Score marketing grader untuk www.fikryfatullah.com
Score dari Marketing Grader untuk blog ini.

Nah, setelah score Anda muncul, Anda baru dapat menyaksikan pesona Marketing Grader yang sesungguhnya. 


Selain Anda dapat melihat secara detail bagian mana saja dari website atau blog Anda yang belum optimal, Marketing Grader juga memberikan tips-tips bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan Anda. Anda akan mendapatkan penjelasan terperinci mengenai website Anda dari 3 area diatas. Bahkan Anda akan mendapatkan eBook gratis dengan topik yang berkaitan dengan area dimana website atau blog Anda belum optimal, sehingga Anda dapat mempelajari secara detail bagian tersebut untuk kemudian mengoptimalkannya. Saya mendapatkan rekomendasi 2 buku, salah satunya buku tentang SEO ini.


Tidak hanya website dan blog, Marketing Grader juga memberikan  sedikit informasi mengenai Twitter dan Facebook Anda.


Berapa score marketing Anda? Silahkan tulis pada bagian komentar dibawah


Kunjungi Marketing Grader.


Update: Seperti Klout, Score Marketing Grader Anda berubah, tergantung dari bagaimana aktivitas website atau blog Anda. Kembalilah ke Marketing Grader secara berkala.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar