FikryFatullah.com

Kenalan Dengan Google Drive

8 comments
Google Drive -sebuah layanan penyimpanan file berbasis cloud- akhirnya rilis juga. Drive akan menggantikan Google Docs pada menu bar Google bagian atas. Integrasi Drive dengan Google Docs bukan tidak ada artinya, namun sebelumnya marilah kita kenalan terlebih dahulu dengan Google Drive.


Untuk tahap awal, Google memberikan 5Gb gratis untuk Anda, Anda tentunya bisa menambah kapasitas ini jika bersedia membayar. Dari sisi tampilan, Google Drive tidak jauh berbeda dengan Google Docs yang telah muncul terlebih dahulu. Pada menu sebelah kiri Anda akan melihat tambahan menu berupa "My Drive." Disini Anda dapat memilih untuk membuat Google Docs dengan tombol "Create"," atau mengupload file dengan tombol bergambar harddisk.

Google Drive Menu
Menu Google Drive



Yang membedakan layanan Google Drive dengan layanan penyimpanan berbasis cloud yang lain adalah, saat Anda meng-upload file, Google Drive akan memberikan pilihan untuk file Anda. Apakah Anda ingin Google Drive langsung mengkonversi file Anda langsung ke format file Google Docs?

Google Drive Convertions
Ingin langsung mengkonversi? Bisa!
Pilihan ini sangat bermanfaat jika Anda ingin langsung membaca atau mengedit file Anda dari Google Drive tanpa men-download-nya terlebih dahulu. Nice!


Saat proses meng-upload, sebuah box kecil akan muncul dari sebelah kanan browser Anda, setelah selesai, Anda akan langsung menemukan tombol "Share."

Google Drive Upload
Proses Upload
Setelah saya coba mengupload 2 file gambar, jika saya pilih untuk meng-konversi, saya akan langsung tiba di tampilan file saya Google Docs layaknya aplikasi Office seperti Microsoft Words. Jika tidak, saya hanya melihat file gambar saya seperti apa adanya.


Ada banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan dengan file Anda. Selain bisa berbagi, Anda bisa berkolaborasi mengerjakan satu file, baik itu presentasi, text, dll. Anda juga dapat mencegah pengguna lain men-download file Anda namun disisi lain tetap membiarkan mereka melihatnya.


Layanan Google Drive masih sangat muda. Google bahkan belum merilis aplikasi utuk iPad dan iPhone, sementara masih berbasis desktop (Windows & Mac) dan Android (walaupun saya belum mencoba keduanya.) Untuk pengguna sistem operasi berbasis linux (seperti saya) sepertinya kita harus bersabar.


Akankah Google bisa menyaingi Dropbox dan layanan cloud lain? Kita lihat saja.


Kunjungi Google Drive.
Pengguna Android dapat mendownload aplikasinya disini.
Anda juga dapat menambahkan fungsi Google Drive dengan aplikasi pihak ketiga dalam Google Chrome. Silahkan download aplikasinya disini.








Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar:

  1. Sebenarnya awak dibuat bingung dengan layanan cloud drive yg bertebaran dan menggiurkan. Awalnya pake Dropbox dan sekarang Ubuntu One. Dan muncul lagi Google Drive.. haduh haduh..

    BalasHapus
  2. @Muhfi Asbin SagalaAku pake 5 layanan, tambah box.net satu lagi minus.com, bagus juga :D jadi total cloud aku sekitar 32Gb :D semua dengan fungsinya masing2.

    Sayang ya Google Drive belum support linux

    BalasHapus
  3. @Fikry Fatullah Kayaknya blom pengen pindah hati lha bang, disebabkan belakangan sudah pake Ubuntu One dengan khusyu bang..

    BalasHapus
  4. walaupun canggih namun koneksi internet yang cepat juga diperlukan dalam meng-upload data ke Google Drive, di Indonesia sendiri internet masih lelet, jadi agak susah juga ya kalau mau nyimpan data seperti film di Google Drive kalau internetnya lelet

    BalasHapus
  5. Aku justru mulanya pakai Ubuntu One, trus karena pengen bantuin Fikry jadi lah aku pakai Dropbox :))

    Sebenarnya sih pakai layanan cloud cuma buat kepentingan backup saja.
    kolaborasi sudah puas pakai Google Docs

    Sementar kalau disarankan manfaatin layanan cloud untuk share file. Err.. aku mau share apa, ke siapa?

    BalasHapus
  6. @Muhfi Asbin Sagala

    hahaha ga usah kelain hati lah, tambahin aja, aku pake dropbox khusus kerja dan kolaborasi, box.net khusus ebook, ubuntu one ga pake lagi karena satu dan lain hal. Google drive buat dokumen2 aja

    BalasHapus
  7. @BadiaDi Indonesia?? Di tempatmu kali bad :D

    BalasHapus
  8. @nichpakaich
    bwahahahahahah thanx bang nich :D

    BalasHapus