FikryFatullah.com

Menggunakan Instagram Untuk Marketing

3 comments
Ilustrasi: socialfresh.com

Setelah Instagram merilis aplikaisnya untuk Android (dimana setelahnya pengguna Instagram bertambah sebanyak 1 juta setiap 24 jam) kini Instagram membuat kejutan lagi dengan menyetujui pengakuisisian oleh Facebook. 

Hal ini menurut saya wajar karena Facebook sadar dunia semakin menyenangi layanan social media berbasis visual. Setelah kita menyaksikan pertumbuhan Pinterest yang luar biasa, dan Facebook timeline yang sangat visual, kini Facebook berencana ingin menambahkan lagi layanan berbasis visual mereka dengan membeli Instagram.

Melihat pertumbuhan pengguna Instagram yang akan semakin meningkat, saatnya merubah porsi promosi Anda menjadi lebih visual. Lupakan foto-foto promosional atau watermark, berikut ini beberapa tips menggunakan Instagram untuk pemasaran.

________________________

1. Apakah Ini Cocok Untuk Anda?

Tentunya jika mayoritas target pasar Anda bukan pengguna Instagram, akan sulit untuk Anda memasarkan produk Anda, sebagus apapun program pemasaran Anda nantinya. Gunakan layanan seperti Webstagram untuk terlebih dahulu mencari dan melihat bagaimana perilaku pasar Anda menggunakan Instagram.


2. Apa Cerita Yang Ingin Anda Sampaikan?

Ilustrasi: @celtics On Instagram

Ingatlah bahwa Instagram hanyalah sebuah medium, sebuah aplikasi, sebuah alat untuk pemasaran. Dan seperti semua medium, adalah content yang baik yang menentukan berhasil atau tidaknya Anda memanfaatkannya. Tanpa sebuah cerita yang kuat, Anda hanya akan memenuhi timeline pengguna Instagram lain. Seperti layaknya cerita berbasis visual seperti komik atau graphic novel, buatlah foto anda menuturkan cerita dari foto satu ke foto lainnya.


3. Berfikirlah Sebagai Seorang Seniman.

Jangan menggunakan Instagram dengan tujuan semata-mata untuk jualan. Tujuan Anda harus lebih artistik dari itu. Nantinya jika terjadi peningkatan dalam sales jangan lupa itu adalah efek samping dari tujuan artistik Anda. Jangan hanya meng-upload foto produk Anda, banyak objek yang lebih menarik dari itu.


4. Gunakan Hashtag Dengan Bijak.

Ok, hashtag itu penting. Namun pilihlah hashtag diseputar cerita yang ingin Anda sampaikan atau yang sedang populer saat itu. Yang membawa kita pada tips selanjutnya:


5. Gunakan Secara Real Time.

Instagram akan menjadi aplikasi yang sangat mematikan untuk menyampaikan cerita Anda secara real time. Alih-alih hanya sekedar nge-tweet tentang kenaikan BBM, kenapa Anda tidak membuat ceritanya lebih visual? 

Ilustrasi: @cchhiikkaa_ on Instagram
Anda juga bisa memanfaatkan hashtag apa yang sedang menjadi trending topic di Twitter dan mem-post foto Instagram Anda ke Twitter yang sesuai dengan cerita yang sedang ngetrend. Ingat, sesuaikan dengan cerita perusahaan Anda.


6. Belakang Layar.

Pelanggan senang mengetahui apa yang terjadi di belakang layar. Bagaimana produk Anda bisa sampai ke tangan mereka? Bagaimana suasana kantor Anda? Siapa orang-orang yang sehari-hari bekerja dalam perusahaan Anda? Hal ini bisa menjadi sangat mengikat secara emosional jika Anda melakukannya dengan benar.

Foto Instagram dari kantor Instagram, Ilustrasi: openews.net
Aktivitas di kantor Instagram, Ilustrasi: openews.net


7. Aktivitas Pelanggan Atau Komunitas.

Aktivitas komunitas Threadless, Illustrasi: @threadless On Instagram
Lagi ini bukan soal Anda, isi soal mereka (pasar Anda.) Upload-lah foto-foto yang penting bagi mereka,  Yaitu? Mereka Sendiri!!


8. Product Atau Brand Anda.

Ok, sesekali waktu untuk Anda sendiri juga boleh. Jika dan hanya jika Anda sudah memiliki cerita yang kuat, Anda bisa melibatkan brand atau produk Anda.

Ilustrasi: @pepsimax on Instagram
__________________________________

Tentunya cara-cara diatas merupakan sedikit dari yang bisa Anda lakukan dengan Instagram, berimajinasilah!

Anda punya usulan lain??
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. Makasi infornya mantap deh lengkap

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Bermanfaat.
    Www.serbalencanapin.com

    BalasHapus
  3. Pengguna aktif Instagram semakin banyak di Indonesia. Bahkan perusahaan-perusahaan besar telah memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan trafik web dan sales online mereka.

    Simak infografik menarik Wishpond tentang dampak Instagram terhadap brand favorit

    BalasHapus