FikryFatullah.com

31 Dorongan Untuk Mahasiswa Memulai Bisnis

2 comments
toga sarjana
Ilustrasi: igcomputer.com

Kebanyakan mahasiswa yang saya tahu hanya menjadi beban. Dirumah menjadi beban orang tuanya untuk biaya kuliah, diluar jadi beban masyarakat karena sering demo, bikin macet dan tidak nyaman, dikampus jadi beban dosen. Well, yang terakhir tidak masalah karena dosen yang menganggap mahasiswa sebagai beban berarti kerjanya tidak ikhlas.


Setelah wisuda pun masih banyak yang memilih jadi beban. Mau, berhenti jadi beban? Berbisnislah! Ini sedikit saran:


  1. Berhenti mencari alasan, hidup akan makin mudah sesudahnya. 
  2. Buang gengsi! Sebaik-baiknya manusia itu yang bermanfaat bagi orang lain, bukan yang gelar akademisnya paling panjang. 
  3. Keberuntungan adalah kesempatan bertemu dengan persiapan. Berbenahlah, jadi saat kesempatan datang Anda sudah siap.
  4. Selalu berfikir untuk memberi dan memberi lagi. Rezeki bukan kita yang ngatur.
  5. Ingat nasehat Joker dalam film The Dark Night: "If you're good at something, never do it for free." Jika ingin memulai bisnis, mulailah dari apa yang kita suka, kita bisa melakukannya dengan baik, dan pasarnya ada. Skill paling sederhana pun ada harganya.
  6. Carilah pekerjaan sambilan untuk belajar, sekali lagi: untuk BELAJAR. Jangan pikirkan berapa gaji yang akan dapat. Pekerjaan yang bisa Anda kerjakan sambil kuliah jarang yang memiliki gaji bagus, namun ada ilmu yang sangat berharga yang bisa Anda dapat dari sana. 
  7. Jika Anda sudah kerja sambilan, pelajari apapun yang Anda bisa dari perusahaan tempat Anda bekerja. Bagaimana mereka berpromosi? Bagaimana mengelola SDM? Bagaimana operasionalnya? Dan jika mungkin bagaimana arus keuangannya?
  8. Banyak usaha yang tidak membutuhkan modal uang. Banyak suplier barang yang mau dibayar mundur (dicicil.)
  9. Kalaupun butuh modal uang, carilah investor, bagi rezeki Anda.
  10. Jual secara offline barang yang Anda temui secara online. Anda terkejut ternyata banyak orang yang tidak mau bertransaksi secara online entah itu karena takut, tidak bisa menemukan barang yang mereka cari, gaptek, atau apalah. Jadilah penengah yang baik. Prestasi terbesar saya adalah menjual bass bekas yang saya temui di forum online ke teman saya seharga 15 juta.
  11. Sebaliknya, jual secara online barang yang Anda jumpai secara offline. Selalu ada usaha kecil/ menengah diluar sana yang memiliki produk yang bagus namun tidak tahu cara menjual secara online. Bantu Mereka!
  12. Dapet suplier? Belum punya toko? Buka di Yukbisnis. Gratis!
  13. Selagi bisa, gagal lah yang banyak, semakin cepat Anda belajar bangkit dari kegagalan semakin bagus.
  14. Lebih seru menceritakan pengalaman bangkrut Anda kepada anak cucu Anda nanti, daripada pengalaman takut tidak mulai bisnis.
  15. Belajarlah mengelola keuangan. Tidak ada uang didunia ini yang cukup untuk orang yang tidak bisa mengelola uangnya. Menabunglah!
  16. Guru saya bilang: "kalau mulai bisnis jangan hitung-hitungan dulu nanti engga mulai-mulai, mulai aja dulu, pasti nanti hitung-hitungannya jalan."
  17. Kondisi kepepet adalah kondisi paling ideal memulai bisnis. Jika Anda masih menerima aliran subsidi dari orang tua, hentikan sekarang! Saya sudah menghidupi diri saya sendiri di semester 6,  di era informasi seperti sekarang ini harusnya Anda bisa lebih cepat.
  18. Teori marketing tidak membuat Anda jago memasarkan sesuatu, namun benar-benar bisa memangkas proses trial dan error. Memangkas! Berarti trial dan error-nya masih ada, jalani prosesnya! 
  19. Keberhasilan bisnis Anda berbanding lurus dengan jaringan yang Anda bangun. Jangan jadi orang menyebalkan!
  20. Menyambung silaturahim itu pintu rezeki. Menyambung disini artinya Anda yang pergi dan minta maaf, bukan sebaliknya. Gengsi? Kembali ke point 2.
  21. Jadi kuliahnya buat apa dipertahankan? Untuk membahagiakan orang tua! Selesaikan! Titik!
  22. Ada yang ngajak demo? Pekerjakan! Kalau ada pekerjaan yang menghasilkan biasanya hasrat ingin demo-nya hilang.
  23. Jasa adalah bisnis yang cukup mudah untuk memulainya. Yang penting mulai.
  24. Banyak pengusaha-pengusaha besar itu veteran MLM, Pertimbangkan itu.
  25. Diejekin? Ditipu? Dihina? Itu vitamin! Selama dosisnya wajar bikin sehat dan kuat.
  26. Orang tua tidak ridho Anda berbisnis? Jadikan ajang latihan negosisasi. Skill yang akan sangat Anda butuhkan nanti.
  27. Be persistence! Tidak ada di dunia ini yang mampu menghalangi orang yang tekun.
  28. Ada franchise potensial? Ruko dijual? Stelling orang lain nganggur? Bisnis nyaris bangkrut karena salah management? Tanya! Nanya aja kan engga bayar.
  29. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada melakukan sesuatu yang orang lain bilang Anda tidak bisa melakukannya.
  30. Kita tidak bisa mengendalikan apa yang orang pikirkan tentang kita. Sesuatu yang tidak bisa Anda kendalikan, lupakan!
  31. Indonesia saat ini sedang banyak masalah, dimana: masalah = peluang.
Berapa point pun yang saya tulis disini tidak akan ada artinya untuk orang yang banyak alasan. Sebaliknya, satu point saja sudah cukup untuk orang yang mau memulai.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar: