FikryFatullah.com

Menemukan Gambar Untuk Marketing

Leave a Comment
Market
Market, by: macieklew on Flickr.

Anda tentunya sering membutuhkan gambar untuk materi kampanye marketing. Entah itu untuk blog, video, materi tercetak, atau untuk presentasi.


Apalagi di era visual web ini. Lihat saja bagaimana layanan seperti Pinterest menjadi sangat populer. Facebook juga berubah menjadi semakin visual dari sisi tampilan, pengakuisisian Instagram juga menjadi pertanda trend internet yang semakin visual.


Dari fakta diatas, setiap artikel blog Anda sebaiknya memiliki gambar. Selain artikel Anda jadi lebih ekspresif, artikel Anda juga akan terlihat lebih menarik saat seseorang men-share artikel Anda ke Facebook atau Google+. Kedua layanan tersebut akan menyediakan thumbnail untuk artikel Anda yang akan membuatnya lebih menonjol di news stream teman Anda.



Masalahnya adalah bagaimana lisensi gambar yang Anda gunakan? Setiap gambar adalah hasil karya seseorang. Kecuali sang produsen gambar tersebut menyatakan gambarnya bebas Anda gunakan, Anda harus meminta izin terlebih dahulu.


Kampanye marketing sebagian besar adalah tindakan komersial, artinya materi marketing Anda bertujuan untuk mencapai tujuan komersial tersebut. Jika ternyata kampanye pemasaran Anda berhasil dengan menggunakan gambar yang bukan hak Anda, tentunya nanti bisa berabe.


Untungnya kini telah ada gambar dengan lisensi Creative Commons yang dapat dengan bebas Anda gunakan selama Anda memenuhi syarat dari si pemberi lisensi. Namun seringkali Anda tidak bisa menemukan gambar dengan lisensi Creative Commons begitu saja menggunakan Google Image Search.


Creative Commons menyelesaikan masalah tersebut dengan fitur search mereka. Dengan ini Anda bisa menemukan gambar-gambar berkwalitas dari layanan penyedia gambar ternama seperti Flickr, Fotopedia, Pixabay, Open Clipart Library, dan Google Image. 

Fitur Search dari Creative Commons.
Anda tinggal menuliskan kata kunci, lalu memberi tanda centang mengenai apakah gambar ini akan Anda gunakan secara komersil? Atau apakah Anda akan merubah gambar ini menjadi sesuatu yang baru. Jika sudah, klik layanan yang Anda pilih (misalnya Flickr.)


Catatan, situs ini bukanlah mesin pencari, namun lebih ke perangkat yang memudahkan Anda menemukan gambar dengan lisensi Creative Commons di mesin pencari yang telah mereka pilih. Hasilnya, gambar yang Anda gunakan belum tentu berlisensi Creative Commons, namun setidaknya resiko Anda menggunakan gambar yang melanggar hak cipta sudah jauh berkurang.


Lihat foto pasar qurma yang bagus sekali diawal post ini? Saya mendapatkannya dari layanan ini.


Selain gambar, Anda juga bisa menemukan media lain seperti video dan audio disini. Kini Anda bisa membuat presentasi yang indah tanpa was-was.


Kunjungi CC Search.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar