FikryFatullah.com

Rahasia Sukses Apple Store

Leave a Comment
MacBook Air
Ilustrasi: http://www.flickr.com/photos/danielabsilva/

Carmine Gallo seorang kontributor majalah Forbes yang sudah satu tahun belakangan ini meneliti apa yang menjadi kunci keberhasilan Apple Store, toko retail komputer paling menguntungkan per-meter persegi di seluruh dunia.

Salah satunya adalah para karyawan Apple (atau mereka menyebutnya: Specialist) membuat kemiringan MacBook Pro atau MacBook Air sebesar 70 derajat saat memajangnya di Apple store.

Dengan kemiringan seperti ini, pengunjung akan sulit melihat layar laptop ini. Layarnya akan terlihat tidak nyaman dalam posisi berdiri, dan akan silau dalam posisi duduk. Tidak sempurna? Ya!

Namun di kemiringan 70 derajat inilah kuncinya. 

Pengunjung harus MENYENTUH layar monitor MacBook untuk menyesuaikannya dengan posisi mata agar nyaman. Menurut Gallo, sentuhan ini akan membuat pengunjung merasa memiliki MacBook sebelum akhirnya benar-benar memilikinya (membeli.)

Dengan toko yang bersih, minimalis, transparan, terang, produk yang canggih dan SENTUHAN, membuat pengalaman berbelanja di Apple Store menjadi pengalaman multisensoris. 

Tidak hanya itu, setiap laptop, iPad, iPhone, semua dalam keadaan menyala dan terhubung ke internet. Hal ini membuat pengunjung dapat melakukan apa saja di internet melalui perangkat-perangkat tersebut. Para specialist juga tidak akan mengganggu Anda, Anda dapat mencobanya selama yang Anda mau. Bahkan mereka akan meminta izin Anda sebelum mereka menyentuh produk yang Anda coba, yang bahkan belum menjadi milik Anda. 

Mengetahui cerita ini membuat saya kagum, dengan produk sekelas Apple yang mampu menjual dirinya sendiri, Apple masih mau melakukan semua ini untuk pengunjung tokonya. Inilah yang Steve Jobs maksud dengan value. Produk Apple memang tidak untuk semua orang, namun bagi yang sudah menggunakan produk Apple, akan sulit merasakan pengalaman yang sama dengan produk lain.

 Saya juga jadi teringat kata-kata pak Hermawan: "Setiap bisnis adalah bisnis jasa." Dan Apple mencontohkannya dengan sangat baik.

Mungkin jawaban dari masih sepinya pengunjung toko Anda ada disini. Mungkin Anda tidak butuh spanduk dan selebaran yang mahal. Mungkin Anda tidak butuh SMS blast yang mengganggu. Mungkin jawabannya ada padahal-hal kecil yang Anda (dan mungkin kompetitor) tidak tahu.

Dimana titik kemiringan 70 derajat bisnis Anda?


Saya tinggalkan Anda dengan video 5 langkah service Apple dari Carmine Gallo:



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar