FikryFatullah.com

Menahan Diri

4 comments
JUST SAY NO
Ilustrasi: http://www.flickr.com/photos/49889874@N05/

Jika Twitter tidak menahan diri dengan 140 karakternya, mungkin Twitter tidak akan mendominasi pasar mobile seperti sekarang.


Jika Google tidak menahan diri dengan halaman pencarian yang polos, putih, bersih. Google tidak akan mendominasi internet seperti sekarang. Bandingkan dengan Yahoo yang tidak bisa menahan diri dan meletakkan semua link yang mereka bisa di satu tempat. Berikut ini gambar dari tahun yang sama:

Yahoo
Yahoo (1998-1999.)

Google
Google (1998-1999.)


Apple sampai saat ini menahan diri untuk membuat akun di layanan social media yang populer, disaat semua orang sudah menggunakannya. Mereka malah mengabaikannya. Namun hal ini malah membuat semua orang penasaran sehingga semua orang punya sesuatu untuk diceritakan kepada orang lain. Hasilnya tentu saja efek pemasaran berantai seperti yang kita lihat sekarang.


Kadang untuk bisa mengalahkan pesaing, kita harus menahan diri dan melakukan lebih sedikit dari yang pesaing Anda lakukan dan fokus pada hal yang sedikit itu.


Underdo bukan Overdo.


Jika pesaing Anda menambah variasi menu di restoran mereka, Anda pernah mempertimbangkan justru sekarang saat yang tepat untuk mengurangi variasi menu Anda? 


Menahan diri untuk tidak terbawa peraturan baru yang ditetapkan pesaing, namun justru menyederhanakan dan mengoptimalkan yang sudah ada. Mereka dengan cara mereka, rezeki mereka. Anda dengan cara Anda, rezeki Anda.


Bukan juga untuk menghindari persaingan, namun memenangkannya dengan cara yang lebih elegant.


Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Ramadhan tahun ini kita menjadi manusia yang lebih baik. 


Amin.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar:

  1. Nice. Saya pernah mengenal orang yang jarang sekali mengikuti tren padahal dia tau tren tersebut.

    Selamat menunaikan ibadah puasa juga :)

    BalasHapus
  2. Teradang perlu juga lebih dahulu 'melakukan sesuatu' sebelum kompetitor melakukannya. Berkaitan dengan artikel Jangan ATM sebelumnya, maka alangkah lebih baik brand/bisnis kita menjadi trendsetter. We made the rule fot market and competitors! :-)

    BalasHapus
  3. @Mochammad I HCool! Langka lho org kaya gitu sekarang :D

    BalasHapus
  4. @Agoez Perdana
    Menahan diri bukan berarti tidak berinovasi bg, tp latihan memisahkan keinginan dgn kebutuhan dalam bisnis. kadang inovasinya itu ya menahan diri, kaya Google.

    BalasHapus