FikryFatullah.com

Jangan Berikan Sample Gratis

1 comment
VegFest
Ilustrasi: http://www.flickr.com/photos/avlxyz/
Untuk Anda pengusaha UKM (terutama di bidang kuliner) jangan berikan sample produk Anda secara cuma-cuma.


Saya tidak pernah kembali setelah mengambil produk sample dari gerai makanan manapun yang saya coba. Saya datang, saya mencicipi, saya pulang. Dan saya yakin saya tidak sendiri. Menurut saya, memberikan produk sample secara cuma-cuma itu seperti mengiba perhatian. Dan percayalah Anda akan sulit sekali menjual apapun dengan cara mengiba kepada pasar Anda.

Jika Anda ingin opini terdalam seseorang mengenai produk/ layanan Anda, suruh mereka membayar yang mereka makan/ minum. Anda akan mendengar semua yang ingin mereka katakan secara spontan jika Anda tanya pendapat mereka. Kenapa? karena mereka sudah membayar. Mereka sudah berkorban waktu dan uang untuk bisa mencoba produk Anda. Ini akan membuat mereka berada diposisi berhak menilai produk Anda.

Membuat seseorang membayar produk kita sebelum mereka mengkonsumsinya juga akan memaksa kita membuat produk terbaik yang kita bisa sebelum sampai ketangan pelanggan. Bandingkan dengan sample gratis yang kebanyakan di kemas seadanya, jumlahnya sedikit, dan beberapa perusahaan bahkan tidak meletakkan merek mereka didalamnya. Bagaimana hal seperti itu bisa menjual?

Tidak memberikan sample gratis juga akan memaksa Anda memutar otak bagaimana MENCURI perhatian pasar dan bukannya mengiba perhatian. Anda harus bisa membuat seseorang membeli sesuatu yang belum pernah mereka makan/ minum sebelumnya. Hal ini akan mengajarkan Anda metode pemasaran terbaik untuk produk Anda. Percayalah Anda akan terus membutuhkannya sepanjang bisnis Anda berjalan. 

Anda bisa riset pasar, belajar marketing, dan menghasilkan uang pada saat yang bersamaan. Ketiganya sehat untuk bisnis Anda. 

Masih mau memberikan sample gratis?

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. biasanya sampel gratis ini lebih ke jenis makanan, tapi ada beberapa hal yg mungkin bisa sampel gratis sebut saja mirip cendramata stiker, atau apalah yg kemungkinan besar bisa membuat orang penasaran untuk melihat dan melirik kembali produk yg kita pasarkan.

    tulisan yg bagus, setidaknya saya bisa belajar tentang sampel gratis :)

    BalasHapus