FikryFatullah.com

Tantangan 7 Hari Bekerja Dengan Perangkat Mobile

Leave a Comment

Rencananya hari senin (23 Juni 2014) ini saya akan mencoba sesuatu yang sudah lama ingin saya coba:

Bisakah seseorang bekerja hanya dengan menggunakan iPad & HP Android saja?

Setelah melihat beberapa studi kasus seperti yang dilakukan Majalah PC World yang setelah 30 hari kesimpulannya bisa Anda baca disini, lalu beberapa waktu yang lalu saya sempat menonton sebuah video mengenai hanya menggunakan tablet selama seharian penuh untuk bekerja, maka hari senin ini saya akan mencobanya sendiri.

Kenapa?

Ada beberapa alasan kenapa saya melakukan tantangan 7 hari menggunakan hanya perangkat mobile untuk bekerja, antara lain:

  1. Perangkat mobile seperti iPad dan Android saat ini semakin canggih dan cepat. Secara spesifikasi, kemungkinan besar HP Android yang ada di kantong celana Anda saat ini memiliki kemampuan komputasi yang setara dengan sebuah komputer desktop.
  2. Jika dihitung-hitung, investasi yang saya keluarkan untuk perangkat mobile (iPad + HP Android) memiliki jumlah rupiah yang lebih besar daripada laptop yang saya gunakan sebagai media bekerja utama saya saat ini. Dengan pertimbangan ini, harusnya perangkat mobile bisa sepenuhnya menggantikan pekerjaan yang dilakukan oleh laptop saya, jika tidak kenapa saya harus bayar lebih mahal? Hal yang sama juga dialami oleh teman-teman saya, entah itu HP Android + Tablet Android, iPhone + iPad, iPhone + Tablet Android, maupun iPhone + HP Android/ Windows Phone, dari semua kombinasi perangkat mobile teman-teman saya diatas, rata-rata memiliki jumlah investasi rupiah yang lebih tinggi daripada sebuah laptop.
  3. Andaikata nanti, suatu hari laptop saya bermasalah (mudah-mudahan jangan), maka saya siap bekerja menggunakan hanya perangkat mobile saja.
  4. Melatih agar saya lebih mudah bekerja dimana saja dan kapan saja, maksud saya bukan hanya di kantor, cafe, hotel, dan rumah seperti yang saya lakukan sekarang, namun juga bekerja di beberapa tempat liburan seperti di lokasi wisata pegunungan/ pantai. Berhubung sebentar lagi Lebaran, dimana lebaran = liburan, maka menurut saya saat ini adalah momen yang tepat untuk mencoba tantangan ini. Hal ini juga karena YukBisnis menuntut saya untuk bisa menangani pekerjaan kapanpun dimanapun.
  5. Rencana saya untuk membuat eBook mengenai bagaimana Anda bisa menjalankan mayoritas pekerjaan Anda dengan perangkat mobile.

Persiapan

Beberapa persiapan yang saya lakukan untuk mencoba tantangan ini adalah:

  1. Perangkat Yang Saya Gunakan - Sebuah iPad With Retina Display atau iPad 4 dan HP LG G2 yang selalu menemani hari-hari saya sampai saat ini. Saat ini kedua perangkat mobile ini memiliki harga yang sudah relatif terjangkau. Dengan terus bermunculannya perangkat baru yang lebih canggih dan cepat, maka- fitur-fitur yang ada di kedua perangkat ini perlahan-lahan menjadi fitur yang biasa saja, alias tidak ada yang canggih-canggih amat dari keduanya.
  2. Belajar Markdown - Saya banyak sekali menulis dalam seminggu, dari mulai artikel blog, guest blogging di blog orang lain, hingga beberapa proyek eBook yang harus saya selesaikan. iPad memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengkonsumsi konten seperti: browsing di internet, membaca buku dan majalah, hingga bersosialisasi online. Namun bagaimana saat iPad saya gunakan untuk pekerjaan serius seperti menulis eBook? Untuk memudahkan saya mengetik menggunakan iPad yang memiliki kemampuan terbatas (walaupun dengan menggunakan keyboard tambahan), maka saya mengkompensasinya dengan mempelajari sebuah metode penulisan terbaru yang bernama Markdown. Bagaimana nanti hasilnya akan saya bahas setelah eksperimen ini saya jalankan.
  3. Aksesoris Tambahan - Saya juga menggunakan beberapa aksesoris tambahan untuk membantu saya bekerja dari perangkat mobile, beberapa aksesoris ini antaranya sebuah stylus, keyboard bluetooth untuk memudahkan saya mengetik di iPad dan G2. Satu lagi adalah sebuah kabel penghubung yang dapat menghubungkan LG G2 dengan proyektor/ monitor biasa melalui koneksi VGA. Hal ini (ditambah keyboard bluetooth) membuat G2 (secara teori) dapat sementara menggantikan laptop jika saya hubungkan dengan sebuah monitor. Kita lihat bagaimana hasilnya nanti.
  4. Aplikasi - Untuk mengkompensasi fungsi sebuah laptop, maka saya akan membutuhkan banyak sekali aplikasi seperti untuk membuat dokumen, scanning, mengirim email, video call, untuk rapat, mencatat, dll. Saya sudah mulai meng-install beberapa palikasi untuk menggantikan beberapa fungsi tersebut, mana aplikasi yang terbaik akan saya umumkan saat eksperimen ini berakhir.
  5. Lokasi Tanpa Wifi & tempat charger - Kebetulan saya tinggal di sebuah daerah di Padalarang (Bandung Barat) yang pada dasarnya akses internet masih susah. Provider internet yang masuk kesini saat ini masih Speedy. Maka rencananya saya hanya akan mengandalkan kekuatan signal GSM di kedua perangkat mobile saya. Jika memang di lokasi tersebut (seperti di markas YukBisnis) memiliki wifi, maka tetap akan saya gunakan. Namun saya akan sediakan 1 hari khusus dari 7 hari tersebut untuk bekerja tanpa wifi.
  6. Power Bank - Tentu saja Power Bank untuk G2, iPad memiliki ketahanan yang sangat baik jika tidak menggunakan keyboard, dan konon kabarnya masih sangat tahan lama walaupun dengan Bluetooth aktif sepanjang hari, kita lihat saja.

Sedikit Catatan Dan Pengecualian

Sebesar apapun saya ingin melakukan eksperimen ini, saya tetap tidak boleh konyol karena saya memilik tanggung jawab yang besar di YukBisnis. Karenanya untuk beberapa hal yang sangat penting namun tidak memungkinkan untuk melakukannya di perangkat Mobile saya akan tetap menggunakan laptop. Namun laptop hanya akan saya batasi untuk:

  1. Me-manage iklan - Beberapa layanan penyedia periklanan online belum memiliki aplikasi mobile dan tidak bisa diakses melalui browser yang ada di iPad maupun G2. Karenanya khusus untuk beriklan dan menggunakan layanan pendukung seperti Adwords, Facebook Advertising, dan beberpa layanan lain, saya masih akan menggunakan laptop. Hal ini termasuk persiapan beriklan seperti riset kata kunci, demografi, dll. Namun ada beberapa aplikasi potensial yang bisa menangani pekerjaan tersebut secara mobile. Jika ternyata nanti saya berhasil melakukannya tanpa laptop, saya akan menuliskannya setelah selesai eksperimen. Untuk promosi organik (non iklan) saya akan full menggunakan perangkat mobile.
  2. Saat konsisi darurat - Jika ternyata sedang ada kondisi darurat dimana iPad dan G2 tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut dan dampak negatif yang saya sebabkan akan sangat besar jika tidak saya tangani menggunakan laptop, maka saya kan menggunakan laptop untuk kondisi darurat itu.

2 point diatas adalah pengecualian dasar yang saya terapkan untuk tantangan ini. Bagaimana nanti hasilnya? Kita lihat saja.

Tujuan

Eksperimen ini memiliki goal atau tujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  1. Bisakah kita menyelesaikan pekerjaan dasar hanya menggunakan perangkat mobile?
  2. Bagaimana dampak ke bisnis (terutama bisnis online) jika kita operasikan hanya menggunakan perangkat mobile?
  3. Apa saja aplikasi terbaik untuk menunjang bisnis online secara mobile?
  4. Apakah produktivitas akan meningkat atau menurun jika bekerja dengan perangkat mobile?
  5. Apa kendala utama bekerja dengan hanya perangkat mobile?
  6. Pekerjaan apa dalam menjalankan bisnis online yang tidak bisa/ sulit dikerjakan hanya dengan menggunakan perangkat mobile?

Kemungkinan saat eksperimen ini jalan selama 7 hari ini, saya akan menambah goal baru.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan selama saya melakukan eksperimen, atau jika hanya ingin sekedar memberikan semangat, atau Anda malah ingin ikut eksperimen bersama?, Anda bisa mengubungi saya melalui:

  1. Email: FikryFatullah@YukBisnis.Com.
  2. Twitter: @FikryFatullah.
  3. Komentar dibawah ini (Anda akan membutuhkan akun Google+).

Doakan saya, Bismillah..

Catatan: artikel ini sepenuhnya saya tulis menggunakan Markdown.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar