FikryFatullah.com

Dibelakang Layar #WebinarBOM

2 comments





Alhamdulillah..

Hari Rabu, 4 Maret 2015 lalu, #WebinarBOM yang kedua: Rahasia Jualan Milyaran Di Facebook berjalan dengan lancar. Tidak saya duga, peserta yang terdaftar mencapai 2500-an orang, jumlah tersebut dibagi 2, antara 1200an pendaftar baru, dan sisanya dari yang sudah preorder buku BOM atau yang sudah membeli.

Diluar ekspektasi saya juga, beberapa peserta #WebinarBOM membuat nobar alias nonton bareng untuk webinar ini. Selain untuk memudahkan peserta yang koneksinya tidak cukup cepat, ajang ini juga dimanfaatkan untuk berkumpulnya teman-teman komunitas.




Yang berinisiatif mengadakan nobar #WebinarBOM pertama kali adalah komunitas YukBisnis Surabaya, lalu kemudian salah seorang sahabat saya yang biasa disapa Mak Chy, menggelar nobar yang lain di Bekasi. Saya benar-benar kehabisan kata-kata saat mengetahui tentang nobar ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk temen-temen yang sudah mau repot untuk menyelenggarakan nobar.


Webinar kemarin juga luar biasa, Bang Agung Arifin yang sudah saya kenal sejak saya masih di Medan, memberikan materi yang sangat bagus. Bukan hanya step by step cara Ia berpromosi di Facebook, Ia bahkan membuka sedikit “rahasia” di sana-sini tentang niche yang Ia bangun, Dan sudut pandangnya akan bisnis online sangat luar biasa. Jika Anda terlewat webinar ini, Anda benar-benar melewatkan sebuah “traktiran” yang luar biasa dari Bang Agung. Hal ini terlihat dari komentar-komentar yang berseliweran di Twitter dan Facebook, seperti saya, banyak sekali peserta yang belajar hal baru dari Bang Agung. Pertanyaan-pertanyaan pun berdatangan dan Bang Agung menjawabnya satu persatu.. Puasss..


Terima kasih Bang Agung.. Saya doakan sukses terus.

Saya sering sekali mengikuti webinar baik yang pematerinya dari dalam maupun luar negri, namun #WebinarBOM kemarin adalah webinar kedua dimana saya sebagai penyelenggaranya.

Dan saya baru menyadari, betapa besarnya dampak dari sebuah webinar. Internet benar-benar telah menghapuskan batasan yang tadinya saya hadapi di hampir semua seminar yang pernah saya jalani, baik sebagai pembicara maupun sebagai peserta. Ada beberapa hal yang menurut saya akan membuat webinar semakin membesar di Indonesia di tahun-tahun kedepan.

Pertama-tama tentunya adalah jumlah peserta, dimana Anda bisa menemukan lokasi seminar yang bisa menampung ribuan peserta seminar dengan biaya sangat minim? Anda mungkin membutuhkan gedung atau hall dengan harga sewa yang mencekik untuk ribuan peserta seminar dengan nyaman. Namun dengan internet, peserta bisa mengikuti seminar Anda dari kenyamanan rumahnya masing-masing. Anda bisa menghadirkan ribuan orang bahkan lebih selama website atau layanan yang Anda gunakan mampu menampungnya.


Yang kedua adalah luasnya cakupan seminar. Setiap kali saya mempromosikan sebuah event seperti seminar dan workshop, saya hampir pasti harus menjawab pertanyaan:

“Di [Isi kota disini] kapan mas?

Tidak bisa dipungkiri, seminar berkualitas dengan pembicara-pembicara ternama dan tema yang menarik sebagian besar memang masih berlangsung di Pulau Jawa. Dari sisi penyelenggara, lebih mudah mengadakan acara karena pilihan lokasi acara yang banyak, kemudahan mendatangkan pembicara, dan seabreg fasilitas lain. Dari sisi pasar juga orang-orang di Pulau Jawa lebih potensial untuk menghadiri seminar-seminar, dan lebih terbuka untuk hal-hal baru. Belum lagi jumlah penduduk di Indonesia yang terbesar ada di Pulau Jawa, sehingga tantangan untuk menyelenggarakan seminar yang sukses lebih besar jika Anda berada diluar Pulau Jawa.

Namun webinar sama sekali menghapus semua batasan itu, siapa saja Anda, dimana saja, selama Anda memiliki jaringan internet yang cukup cepat untuk menayangkan webinar (dimana hal ini bukan menjadi barang mewah lagi saat ini), maka Anda bisa menikmati webinar bahkan sambil tengkurep dikamar tidur.

#WebinarBOM kemarin diikuti oleh peserta yang bukan hanya dari puluhan kota di Indonesia, namun juga dari beberapa negara lain seperti: Hong Kong, Jerman, dan Amerika. Anda tinggal menyesuaikan waktunya saja. Semua bisa berinteraksi dan tanya jawab langsung pada saat webinar berlangsung.






Faktor ketiga adalah biaya. Membuat seminar dengan ribuan peserta membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sering kali jika Anda menyelenggarakan seminar, Anda harus menalangi dananya duluan. Biaya-biaya ini tentu saja untuk sewa gedung, makanan, cemilan, handout materi (jika ada), dan lain sebagainya. Dan tidak jarang biaya penyelenggaraan event membengkak di tengah jalan sehingga melebihi dari yang sudah Anda anggarkan. Di sisi lain, webinar hanya membutuhkan biaya yang minim, karena pada dasarnya Anda hanya perlu terhubung ke internet. Ok, Anda membutuhkan laptop, dll, namun kemungkinan besar Anda sudah memilikinya saat ini dan Anda sudah menggunakannya untuk berbagai kepentingan.

Faktor keempat adalah peralatan. Anda mungkin membutuhkan proyektor yang mahal, sound system yang bagus, dan beberapa peralatan lain agar seminar atau workhsop Anda berjalan dengan lancar. Di sisi lain, jika Anda menyelenggarakan webinar, Anda hanya membutuhkan beberapa perangkat dasar yang kemungkinan besar sudah Anda miliki dirumah saat ini. Peralatan yang saya gunakan untuk menyelenggarakan #WebinarBOM adalah:

  • Laptop, berbasis Ubuntu (Linux) untuk webinar pertama dan Mac untuk webinar kedua. Keduanya tidak memberikan perbedaan berarti karena pada dasarnya Anda hanya membutuhkan browser Anda seperti Chrome, Firefox, atau Safari.
  • Sebuah monitor kedua. Walaupun tidak mutlak, namun ada baiknya Anda memiliki layar kedua (atau ketiga) untuk menyelenggarkan webinar. Hal ini akan sangat memudahkan Anda mengatur jalannya webinar.
  • Mic. Walaupun mic yang ada di laptop Anda biasanya sudah mencukupi, ada baiknya Anda menggunakan mic tambahan yang bisa terhubung ke USB maupun saluran input audio agar suara Anda terdengar lebih jelas dan Anda bisa mengontrolnya dengan mudah.
  • Headphone. Ini juga tidak mutlak, namun headphone yang baik akan memudahkan Anda mendengar suara dari lawan bicara Anda dan akan menutupi suara yang muncul dari speaker laptop untuk kemudian tertangkap tanpa sengaja oleh mic Anda.
  • Webcam atau kamera. Jika Anda ingin wajah Anda dilihat oleh banyak orang, maka ada baiknya Anda mempersiapkan webcam yang bagus. Namun saya lebih suka jika peserta webinar melihat apa yang saya tampilkan di layar daripada melihat wajah saya. Kabar gembiranya, webcam yang ada di laptop Anda saat ini biasanya sudah cukup.
  • Akses internet. Inilah tulang punggung semua webinar. Sebagai penyelenggara, paling tidak Anda harus memiliki akses internet dengan kecepatan 1-2MBPS secara konstan. Sedangkan untuk menonton, kecepatan internet dibawhanya juga masih tidak apa.

Foto kurang cahaya dari lokasi #WebinarBOM

Untuk software, seperti yang saya katakan ditas, Anda tidak membutuhkan software yang bermacam-macam, dan beberapa bahkan sudah tersedia secara gratis. Memang, ada beberapa layanan yang sudah terintegrasi dan akan sangat memudahkan Anda seperti Webinarjam, namun Anda bisa melakukan webinar dengan layanan gratis seperti Google Hangout On Air.

#WebinarBOM awalnya mungkin hanya keisengan saya untuk membuat seminar dan menghadirkan @MotivaTweet, karena identitasnya yang harus tersembunyi, maka webinar saat itu adalah satu-satunya solusi kami bisa mengadakan seminar untuk pembaca buku BOM. Namun meilhat respon yang begitu positif, bisa ditebak, Anda InsyaAllah akan terus melihat #WebinarBOM yang lain, dimana Anda bisa langsung belajar dari pakar-pakranya dimanapun Anda berada.

Sekali Anda sudah terbiasa mengikuti seminar di rumah, akan sulit untuk Anda menikmati seminar di hotel yang paling mewah sekalipun.

Ada banyak sekali kisah dibelakang layar dan pembelajaran yang bisa saya ambil dari 2 webinar ini. Dan mudah-mudahan lebih banyak lagi dari webinar-webinar yang akan datang.

Sampai jumpa di #WebinarBOM selanjutnya. Doain ya..

Untuk mendapatkan buku BOM dan rekaman #WebinarBOM silahkan klik disini.


Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar:

  1. Mantap mas webinarnya! Ditunggu webinar berikutnya :)

    BalasHapus
  2. Mbak Toetoet8 Maret 2015 21.59

    yang kemarin keren banget. banyak insight baru. emak emak bisa belajar walo tetap di rumah. thanks.

    BalasHapus