FikryFatullah.com

Mendapatkan 1juta calon pembeli, belajar dari Oneplus 2

Leave a Comment


Saat saya menulis ini, Oneplus 2 sudah mengumpulkan lebih dari 1 juta orang yang mengantri untuk mendapatkan HP generasi kedua dari perusahaan China Oneplus ini.

1 juta orang lebih!! Apakah semua orang itu akhirnya akan membeli? Mungkin tidak, dan sepertinya Oneplus juga tidak mengharapkan semuanya membeli karena mereka juga tidak menjanjikan semua orang bisa mendapatkan Oneplus 2.

Namun tetap saja.. 1 juta orang, 1 juta leads.. Jika konversinya 1% saja, itu artinya 10ribu pembeli saat Oneplus meluncurkan produknya..

Sebuah prestasi untuk perusahaan yang budget pemasarannya saat peluncuran tahun lalu cuma 300$.

Apa yang membuat orang begitu menginginkan HP dari merek yang baru saja kedengeran namanya tahun lalu ini?

Menurut saya ada 3 kunci sukses pemasaran Oneplus:

  1. Produk murah dengan spesifikasi tinggi. Trend ini sebenarnya dimulai oleh Xiaomi, namun Oneplus berhasil membuatnya lebih menarik lagi. Dengan spesifikasi HP yang lebih tinggi daripada Xiaomi namun dengan harga yang sama, spesifikasi Oneplus bahkan sama dengan HP lain dengan merek yang lebih dikenal diluar sana yang harganya 2x lipat. Dengan harga murah, barrier atau dinding pembatas antara produk dengan pembeli menjadi sangat tipis, konsumen berpikir, apa ruginya ?
  2. Sistem undangan. Saat ini jika Anda sudah bisa membeli Oneplus pun, Anda belum tentu bisa membelinya. Tidak perduli walaupun budget Anda bisa membeli 2 HP Oneplus pun, Anda harus mengantri seperti yang lain. Hal ini akan menimbulkan efek kelangkaan atau Scarcity. Dalam bukunya Influence, Robert Cialdini menggambarkan bahwa kelangkaan adalah salah satu faktor yang akan membuat seseorang menginginkan atau mau melakukan sesuatu. Adalah sifat dasar manusia untuk menginkan sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan, dan Oneplus memanfaatkannya dengan baik. Di sisi lain Oneplus beralasan kalau sistem undangan adalah sebuah solusi yang mereka sediakan karena kapasitas produksi mereka yang masih terbatas sebagai perusahaan kecil. Apapun alasannya, sepertinya sistem undangan yang membuat banyak orang frustasi ini berhasil. Sebagai hadiahnya, orang yang sudah mendapatkan undangan juga bisa mereferensikan orang lain untuk mendapatkan undangan.Kelangkaan
  3. Tidak untuk semua orang. Pembeli produk Oneplus adalah pengguna berat Android, paham dengan spesifikasi HP, sensitif terhadap hardware dan software, familiar dengan custom rom seperti Cyanogenmod, Cyanogen OS, Paranoid Android, dan lain-lain. Biasa melakukan root pada HP nya (tidak seperti merek lain, garansi HP Oneplus tidak akan hilang jika Anda melakukan root) , dan sangat tidak asing dengan proses instalasi manual OS terbaru. Jika Anda tidak mengerti istilah-istilah yang saya tulis diatas, kemungkinan besar Anda bukanlah target pasar Oneplus. Walaupun saat ini Oneplus sudah memiliki OS sendiri yang bernama OxygenOS, proses instalasinya masih harus dilakukan manual, terutama pada HP seri terdahulu. Pasar yang sangat tertarget inilah yang akhirnya membentuk komunitas yang loyal, Oneplus pun menyediakan forum dan mendengarkan masukan dari komunitasnya dalam pengembangan produk, terutama di software

Jika Anda ingin ikut dalam undangan untuk membeli Oneplus 2, silahkan klik link dibawah ini:

Klik disini untuk mendapatkan undangan Oneplus 2



Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar