FikryFatullah.com

Ilmu Yang Tidak Bermanfaat

Leave a Comment

Saat saya ditanya: bagaimana menemukan guru yang baik? Yang bisa memberikan hasil yang optimal kepada muridnya? Saya selalu menjawab: Saya tidak tahu.

Karena saat saya melihat kebelakang, hampir semua guru tempat saya belajar selama ini, dari mulai saya masih main musik, belajar bisnis, hingga belajar agama, semua seperti didatangkan atau ditunjukkan oleh Allah.

Saat saya belajar musik dulu, kondisi saya sangat sulit untuk belajar, materi tidak tersedia, guru tidak ada, peralatan tidak lengkap, internet tidak ada (harus ke warnet), semua sangat terbatas. Namun ditengah keterbatasan itu saya menemukan seorang guru di internet yang bernama Cliff Engel, pemain bass asal Amerika.

Bukan hanya kursusnya murah (25$ sekali bayar), namun juga materinya sangat bagus dan bisa dengan mudah saya pahami. Cliff juga seorang guru yang luar biasa, saya bisa berkonsultasi kapan saja melalui chat. Ia dengan sabar membimbing saya dan memperbaiki banyak hal dalam permainan saya, terutama dari sisi pemahaman teori dan Jazz.

Berbeda dengan saat saya belajar bisnis apalagi belajar agama, internet sangat mudah diakses, materi sepertinya sangat berkelimpahan. Di artikel blog, tweet, seminar bisnis yang ada hampir tiap minggu, buku, video di Youtube, dan banyak lagi sumber lain. Begitu berkelimpahannya sampai saya tidak tahu mana yang benar, mana yang harus saya pelajari terlebih dahulu, dan mana yang menyesatkan.

Banyak guru-guru yang malah menjatuhkan guru yang lain. Hal ini semakin memperkeruh suasana. Saya juga sadar waktu dan perhatian saya tidak akan pernah cukup untuk mencerna itu semua, akhirnya saya harus menemukan semacam metode atau cara untuk memilah mana keilmuan yang akan bermanfaat ke saya, mana yang tidak.

Jawabannya: saya kembali ke Allah, pasrahkan ke sang pemilik segala keilmuan. Dan Alhamdulillah saya ketemu dengan doa Rasulullah SAW diatas.

Begitu banyak ilmu bertebaran di muka bumi, banyak yang tidak akan bermanfaat untuk Anda. Bagi saya pribadi memilih mana yang TIDAK dipelajari sama pentingnya dengan memilih mana yang akan dipelajari.

Jadi berdoalah, semoga Allah menjauhkan kita dari ilmu yang tidak bermanfaat.. Aamiin..



Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar