FikryFatullah.com

Lagi Tidak Punya Ide Buat Nulis Iklan? Baca Ini

Leave a Comment


Apa yang paling sulit dalam menulis?

Buat saya adalah: ide.

Beberapa orang yang saya kenal sulit mencari waktu untuk menulis. Beberapa yang lain malas untuk memulai. Padahal ide mereka banyak, dan kalau mereka akhirnya menulis, artikelnya bagus-bagus.

Namun, untuk saya dari semua proses menulis, mencari ide di awal adalah yang paling berat.

Apa lagi untuk urusan jualan alias copywriting. Karena itulah akhirnya saya memiliki ide untuk membuat Copywriting Canvas untuk membantu merangsang ide-ide saya untuk menemukan sudut pandang atau angle dalam beriklan.

Namun tidak jarang, ide-ide tersebut masih belum sesuai atau kurang “menggigit”. Jadi walaupun sudah dapat banyak ide, akhirnya tidak ada yang saya gunakan.

Namun belakangan saya menggunakan prinsip sederhana yang sudah lama saya baca namun jarang saya terapkan. Prinsip ini saya dapatkan dari buku Ca$hvertising karya Drew Eric Whiteman.

Didalam buku tersebut, Drew mengangkat hasil penelitian psikolog dan pengamat perilaku konsumen yang menemukan pada dasarnya ada 8 hal yang dimana manusia secara biologis terprogram untuk mengikutinya. Tidak bisa tidak. Kedelapan hal tersebut adalah:

  1. Bertahan hidup, menikmati hidup, dan memperpanjang/ ekstensi usia. Yang pertama tentu saja bertahan hidup terlebih dahulu. Karena semua hal yang lain tidak akan bisa kita nikmati kalau kita tidak hidup. Manusia terikat dengan zona nyaman kehidupannya, karenanya kalau Anda sedang tidak ada ide membuat iklan, fokuslah kepada hal-hal yang bisa membuat nyaman dari produk Anda.
  2. Menikmati makanan dan minuman. Hal kedua yang sulit sekali ditolak oleh manusia adalah menikmati makanan dan minuman. Namun hal kedua ini tentunya tidak bisa Anda gunakan ke semua produk.
  3. Bebas dari rasa takut, sakit, dan bahaya. Manusia cendrung lebih memilih untuk menghindari rasa sakit daripada mengejar kenikmatan. Karenanya daripada mengangkat kenikmatan yang akan ditimbulkan oleh produk Anda, coba juga dari sudut pandang menghindari rasa sakit. 
  4. Pasangan seksual. Alias pasangan hidup, alias suami/ istri, alisa pernikahan.
  5. Kondisi hidup yang nyaman. Kondisi hidup yang nyaman ini artinya lingkungan dimana tempat kita berada sesuai dengan yang kita inginkan. Bedanya dengan no. 1 adalah di no. 5 ini lebih ke faktor eksternal.
  6. Menjadi lebih superior, menang, dan lebih unggul dari orang lain. Saat semua kebutuhan yang diatas sudah terpenuhi, maka kebanyakan kita akan mulai membandingkan diri dengan orang lain dan mulai menganggap bahagianya hidup orang lain sebagai sebuah persaingan. Walaupun beberapa orang mengontrol hal ini dengan baik, namun perasaan ini secara natural ada di hati umat manusia. Namun hanya muncul saat kondisi hidup kita sudah cukup nyaman. Anda tidak akan perduli dengan penghasilan tetangga Anda kalau Anda kelaparan atau tidak tahu malam ini mau makan apa.
  7. Rasa sayang dan perlindungan orang-orang yang kita sayangi. Tentunya kita ingin yang terbaik untuk keluarga, anak, istri, saudara, dan teman-teman kita.
  8. Persetujuan sosial. Atau diterima oleh masyarakat, tidak dikucilkan, dianggap dan didengar oleh orang-orang disekitar kita.

8 hal diatas sering juga disebut dengan Life-Force 8  atau LF8.

Sejauh ini teknik ini berhasil untuk saya. Saat saya tidak memiliki ide kreatif atau yang unik mengenai angle yang saya gunakan untuk iklan, saya selalu kembali ke kebutuhan dasar manusia diatas.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat live streaming melalui Meerkat. Video singkat ini berisi bagaimana contohnhya saya menggunakan kedelapan poin diatas untuk menjual parfum.

Videonya semi iseng, dan ditengah-tengahnya pesanan air minum galon saya datang kerumah, jadi ada jeda sedikit saat membayar ke si mas yang nganter. Tapi siapa tahu Anda bisa mendapatkan sesuatu dari video ini:

Klik disini untuk menonton videonya

Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar