FikryFatullah.com

Formula Headline Iklan Yang Hampir Selalu Berhasil, Anda Tinggal Menyontek

Leave a Comment


Bismillah…

Setiap bulan saya mengirim 2-4.5 juta email ke ratusan ribu kontak yang ada di YukBisnis…

Dari dulu saya selalu penasaran dengan apa yang membuat seseorang membuka dan membaca email dari saya.

Setelah beberapa kali eksperimen ternyata memang headline atau subject email lah bagian yang paling menentukan dari sebuah email.

Namun muncul pertanyaan baru:

Headline seperti apa yang emailnya paling banyak di buka?

Saya lalu eksperimen dengan berbagai jenis headline dan mengevaluasi data yang saya miliki selama beberapa bulan ke belakang saya akhirnya melihat sebuah pola.

Seperti biasa, sukses berpola gagal berpola, karenanya email yang sukses dibuka dan berhasil menjual itu pasti ada polanya.

Akhirnya dengan meniru pola tadi saya coba mengirimkan email dengan headline tersebut selama beberapa waktu, dan hasilnya?

Terjadi peningkatan orang yang membuka email sebanyak 49% rata-rata. Jika email list Anda ada 1000 orang dan yang buka email biasanya 200 artinya itu penambahan sekitar 100 orang lagi yang membuka emailnya. Bayangkan jika email list Anda 100000 orang?

Cukup lumayan, dan akhirnya formula ini jadi “formula tanpa mikir” saya. Artinya formula ini akan saya gunakan jika saya sedang tidak ada ide untuk menulis atau membuat headline iklan yang bagus.

Namun saya penasaran, bagaimana jika headline ini saya gunakan di social media seperti Facebook, Twitter, atau iklan-iklan yang lain, apa yang terjadi?

Ternyata di Facebook hasilnya cukup mirip, sedangkan Twitter tidak begitu bagus. Saya tidak tahu kenapa, insyaAllah nanti akan saya riset lagi.

Jadi, apa formulanya?

Formulanya sangat sederhana. Headline Anda harus berisi 3 komponen ini:

[Janji] + [Menghasilkan] + [Kamu]


Apa artinya?

[Janji] adalah janji yang Anda sampaikan ke target pasar, bisa juga berupa jaminan. Intinya adalah sebuah harapan membawa calon pembeli Anda ke kondisi “sesudah” dari kondisi “sebelum” yang saat ini mereka rasakan.

[Menghasilkan] Adalah hasil akhir yang akan terjadi jika calon pembeli menggunakan produk Anda. Jadi bukan produk Anda bisanya apa, tapi kalau orang lain menggunakannya dia mendapatkan apa. [Menghasilkan] ini harus berisi kata kerja (verb).

[Kamu] Headline yang langsung berbicara kepada calon pembeli dari Anda sebagai orang pertama. Jadi didalam headline ada kata-kata seperti: Anda, kamu, Ibu, Bapak.

Contoh


Jadi bagaimana penerapannya di dunia nyata? Saya akan memberikan Anda 2 contoh, yang pertama adalah di cover bukunya pak Tung Desem Waringin: Marketing Revolution, perhatikan tulisan pertama yang Anda baca:



Bagaimana meningkatkan kekayaan Anda hingga 2000% dalam waktu 6 bulan/ kurang dengan marketing.


[Janji] nya adalah: kekayaan.

[Menghasilkan] nya adalah: Meningkatkan 2000% dalam 6 bulan/ kurang.

Dan [Kamu] nya adalah: Anda.

Lihat gambar covernya disini:

enter image description here

Buku ini merupakan buku terlaris Pak Tung, dan sampai sekarang masih beredar di Gramedia walaupun covernya sudah berubah.

Contoh kedua adalah halaman depan aplikasi long tail SEO: HitTail. Begitu tiba di halaman depan website mereka: HitTail.com Anda akan membaca headline:

Guaranteed To Increase Your Organic Search Traffic


[Janji] nya adalah: guaranteed.

[Menghasilkan] nya adalah: Increase organic search traffic.

[Kamu] nya adalah: Your.

enter image description here

Anda bisa menemukan pola iklan yang sama berulang di tempat lain di Internet.

Headline ini hampir selalu berhasil buat saya, buktinya Anda membaca artikel ini kan? :D

Kini, waktunya Anda mencoba. Buat iklan Anda dengan headline dengan formula [Janji] + [Menghasilkan] + [Kamu] lalu coba iklankan ke semua saluran pemasaran Anda, boleh jadi itu Facebook, Twitter, Youtube, Blog, LINE@, BBM, atau email seperti saya. Apa saja.

Tulis di komentar artikel ini jika Anda sudah mendapatkan hasilnya.

Saya tunggu ya.



Catatan: semua yang saya bagikan kepada Anda, termasuk isi email ini sudah saya uji didalam bisnis saya sendiri. Jika Anda ingin mendapatkan teknik copywriting sederhana lain yang sama bahkan lebih menghasilkan dari teknik diatas (dan tentu saja sudah teruji juga) silahkan daftar disini >> http://ikhlas.kajianbisnis.online

Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar