FikryFatullah.com

Tentang Domain Dan Hosting Untuk Toko Online

Leave a Comment


Domain dan hosting mungkin adalah pertanyaan terbesar kedua yang saya terima setelah “bagaimana membuat toko online.” Karenanya disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti:

  • Apa itu domain dan hosting?
  • Dimana belinya?
  • Apa pentingnya beli domain dan hosting? Kenapa harus beli?
  • Domain seperti apa yang harus saya beli?
  • Hosting seperti apa yang harus saya sewa?

Dan beberapa pertanyaan lain yang tidak bisa saya ingat persis tapi mudah-mudahan bisa ikut terjawab disini.

Jawaban disini tidak akan terlalu teknis, namun InsyaAllah cukup untuk Anda mengambil keputusan untuk bisnis online Anda kedepannya. Baiklah mari kita mulai *iket kepala*.



Apa itu domain dan hosting?


Pada dasarnya domain dan hosting adalah 2 hal yang sangat berbeda. Domain adalah alamat web atau URL seperti tokoonline.com. Sedangkan hosting adalah sesuai namanya, tempat Anda meng-host atau menempatkan website/ toko online Anda.

Ini harus saya tegaskan karena masih adanya beberapa orang yang menanyakan ke saya seolah-olah keduanya adalah hal yang sama.

Anda bisa membeli berbagai macam jenis domain, yang paling populer tentu saja .com, ini cocok untuk untuk website atau toko online apapun seperti blog FikryFatullah.com ini. Anda juga bisa membeli domain-domain yang memiliki karakteristik yang unik seperti Yuk.bi, atau Komunitas.KajianBisnis.Online. Namun tentu saja harganya berbeda.

Beberapa domain seperti .co.id membutuhkan beberapa dokumen-dokumen yang harus Anda lengkapi. Dan beberapa domain tidak bisa Anda gunakan seperti .gov atau .edu, kecuali Anda bekerja didalam instansi pemerintahan dan pendidikan.

Untuk domain Anda harus membayar secara tahunan. Biayanya bevariasi tergantung kebutuhan Anda.

Hosting datang dalam berbagai pilihan dan fitur. Ada yang datang dalam kapasitas 2GB, ada yang sampai unlimited alias tidak terbatas, ada yang membatasi bandwidth-nya, ada yang membatasi jumlah pengunjungnya.

Jadi, mana yang harus Anda pilih? Untuk Anda yang baru mulai sebenernya mana saja tidak masalah. Karena saran saya fokuskan 80% waktu Anda untuk mendatangkan pengunjung. Karena setelah ramai pun Anda biasanya bisa meng-upgrade hosting Anda kapan saja. Jangan terlalu pusing memikirkan hosting dan memoles tampilan toko online Anda.

Hosting ada yang akan menagih Anda tahunan dan ada yang menagih Anda secara bulanan seperti Bluehost.

Memang beberapa layanan hosting juga menjual domain sebagai paket. Karena akan merepotkan untuk Anda yang tidak terbiasa membeli hosting dan domain.

Setelah memiliki domain & hosting, barulah proses paling penting kita mulai: meletakkan website/ toko online Anda disana. Karena tujuan Anda membeli hosting adalah agar website Anda bisa di “host” disana.

Solusi paling sederhana tentunya menggunakan Content Management System (CMS) seperti Wordpress atau Joomla. Dengan CMS Anda pada dasarnya tidak memerlukan jasa developer web dan bisa mengerjakannya sendiri. Anda juga bisa mengikuti perkembangan terbaru tanpa terus bergantung kepada developer untuk meng-update toko online Anda.

Saya pernah juga bertemu dengan beberapa developer nakal yang membuat CMS sendiri lalu tidak meng-update nya atau tidak bisa menambahkan fitur baru kedalamnya. Hal ini selain bisa menghambat bisnis Anda, juga membuat Anda menjadi bergantung ke developer tersebut.

Karenanya saran saya, gunakan jasa developer web saat bisnis Anda sudah mulai berjalan dan Anda bisa mempekerjakan developer secara full time di perusahaan Anda.



Apa pentingnya domain dan hosting? Kenapa harus beli?


Pentingnya memiliki domain sendiri mungkin harus saya jabarkan dalam satu artikel sendiri karena begitu banyaknya. Salah duanya tentu saja untuk branding dan SEO.

Bayangkan saat orang nanya, toko nya apa? Produknya bisa diliat dimana? Terus Anda jawab tempatmarketplace.com/namatokoonline/nama-produk susah toh?

Tapi bayangkan saat Anda tinggal menjawab: tokosaya.com, selain lebih mudah diingat, hal ini akan meningkatkan kredibilitas Anda.

Memang bener, Anda bisa berjualan tanpa harus repot membayar domain, namun buat saya, kemelekatan merek di benak pembeli lebih mahal daripada harga domain pertahun.

Sedangkan untuk hosting carilah yang paling cepat dan aman yang Anda bisa.

Alternatifnya tentu saja, Anda bisa menggunakan layanan website builder, atau layanan yang sudah menyediakan website/ toko online yang sudah “jadi” dimana Anda tinggal mengedit dan mengubah tampilannya sesuai dengan yang Anda mau.

Dengan menggunakan website builder ini biasanya Anda tidak perlu lagi memikirkan hosting, bandwidth, dll. Dan tidak perlu juga menginstall sendiri CMS atau membuat sendiri toko online Anda. Semua sudah jadi, tinggal fokus jualan bukan fokus pemrograman.

Website siap pakai seperti ini sangat saya sarankan untuk Anda yang tidak memiliki latar belakang teknologi namun ingin memiliki website/ toko online dengan tampilan professional. Karena layanan seperti ini bisasanya sudah mengoptimasi website Anda sehingga Anda tidak perlu lagi memikirkan tentang keamanan, kecepatan, dan kestabilan toko online Anda.

Carilah website builder yang tampilannya judah mobile-friendly, artinya saat calon pembeli Anda mengakses toko online Anda melalui HP mereka, tampilannya akan menyesuaikan ke layar HP yang kecil.



Beli dimana?


Untuk toko online siap pakai, salah satu layanan yang saya rekomendasikan adalah YukBisnis PRO atau Yubi PRO (well, hello…)

Yubi PRO adalah layanan toko online professional untuk Anda yang ingin toko online dengan tampilan yang menarik, cepat, dan ingin langsung memiliki domain sendiri.

Anda tidak perlu memikirkan keamanan, kecepatan, dan optimasi toko online Anda karena tim YukBisnis sudah bekerja keras melakukannya untuk Anda. Dan harganya menurut saya merupakan yang paling murah dari semua layanan toko online siap pakai lain.

Untuk menggunakan layanan ini dan ingin berkonsultasi, silahkan ngobrol dengan tim YukBisnis melalui LINE dengan menambahkan @YukBisniscom (jangan lupa “@” nya) kedalam kontak LINE Anda, atau dengan mengklik dibawah ini:

Add Friend

Anda tinggal menyebutkan nama domain yang Anda mau dan tim YukBisnis akan membimbing Anda hingga Anda memiliki toko online Anda sendiri.

Jika Anda akhirnya memutuskan untuk membeli hosting sendiri, saya menyarankan layanan IDHostinger dibawah ini:

Klik disini untuk menyewa hosting di IDHostinger


Atau untuk yang lebih cepat, profesional dan bisa bayar bulanan, saran saya gunakan Bluehost. Salah satu layanan yang termurah dan terbaik yang saya tahu. Klik gambar dibawah untuk menyewa di Bluehost. Bisa sewa bulanan mulai dari 3 dollaran.






Semua layanan diatas sudah bisa paketan dengan domain, namun jika Anda ingin beli domainnya saja, Namecheap adalah solusi terbaik:

Klik disini untuk membeli domain di Namecheap


Namecheap.com


Saran saya, jika bisnis Anda sudah jalan, belilah domain sebanyak yang Anda bisa diseputar bisnis Anda. Adalah hal biasa satu toko online memiliki banyak domain yang mengarah ke tempat yang sama. Contohnya, Anda bisa mengakses Yubistore di Store.YukBisnis.com atau Yuk.Bi.

Yang penting ada yang datang


Jangan sibukkan diri Anda dengan hal-hal teknis sementara Anda sendiri lupa mendatangkan pembeli. Saya menyebutnya dengan dilema truk pemadam kebakaran.

Pemadam kebakaran setiap pagi membersihkan truk mereka, sampe kilat kinclong, setiap sore digosok lagi sebelum ganti shift, besok berulang lagi seperti itu..

Setelah kinclong lalu apa?

Mereka menunggu panggilan.. Baik itu (naudzubillahimindzalik) terjadi kebakaran, ataupun kalau ada kejadian lain..

Kalau tidak ada? Mereka akan menunggu lagi dengan truk kinclong tersebut.. Begitu seterusnya.. Karenanya Anda ga akan pernah ngeliat truk pemadam yg kotor.

Nunggu

Nunggu

Nunggu

Toko online yg baru dibangun banyak terkena dilema ini..

Toko onlinenya kinclong-kinclong, font-nya diperhatiin banget ukurannya, gambarnya cantik, ada video deskripsi tiap produk, dll..

Tapi kemudian mereka nunggu orang dateng. Beberapa org yg saya temui hari2nya sibuk menata toko online, bukannya mendatangkan traffic atau membangun list.

Truk pemadam kebakaran yang bersih belum tentu mematikan api lbh baik dari truk yg kotor.

Begitu juga toko online, yg cantik-cantik amat blm tentu semenjual yg bikin sakit mata.

Kaskus yang dulu tidak di desain untuk jadi toko online, tapi temen saya bisa dapet sampe puluhan juta perbulan jual aksesoris HP. Karena dia tau datengin traffic.

Pisahkan mana yg menambah kesibukan dan mana yg memberi pemasukan.



Mendatangkan pembeli pertama


Untuk mendatangkan 100 pembeli pertama ke toko online Anda, saya dan @MotivaTweet beberapa waktu yang lalu sudah mengadakan #WebinarBOM yang membahas 7 cara mendatangkannya.

Silahkan daftar dibawah ini. Gratis!


Nama Panggilan


Email *




Sudah memiliki toko online dengan domain sendiri? Share alamat Anda di komentar ya…

Yuk ngobrol dengan saya di Twitter.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar